Perbedaan Hutan Produksi,Hutan Konservasi,Hutan Lindung


Kekayaan hutan Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia selain Brazil dan Zaire.Berdasarkan catatan Kementrian Kehutanan Republik Indonesia tahun 2011,hutan Indonesia mencapai 99,6 juta hektar.Namun sayangnya luas hutan tersebut selama ini telah mengalami penurunan yang cukup besar.Bahkan,sejumlah sumber menyebutkan laju kerusakan hutan indoneisa merupakan terbesar di dunia.Laju kerusakan hutan mencapai 610.375,92 ha per tahun dan tercatat sebagai tiga terbesar di dunia.

Hutan di Indonesia dapat dibedakan menjadi hutan produksi,hutan konservasi,dan hutan lindung.


1.Hutan produksi adalah hutan yang sengaja ditanam dan diambil kayunya.Hasil hutan yang dimanfaatkan dapat berupa kayu dan nonkayu.

2.Hutan konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.Indonesia telah menetapkan sejumlah kawasan konservasi dalam bentuk taman nasional,suaka margasatwa,cagar alam dan taman hutan rakyat (Tahura,dll.

3.Hutan lindung adalah kawasan hutang yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air,mencegah banjir,mengendalikan erosi,mencegah intrusi laut,dan memelihara kesuburan tanah.

1 Response to "Perbedaan Hutan Produksi,Hutan Konservasi,Hutan Lindung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel