Aspek-Aspek Geografi (fisik dan manusia) - IlmudanInfo

IlmudanInfo

Menyajikan Informasi Pelajaran di Sekolah

Latest Update
Tunggu...

2016/08/05

Aspek-Aspek Geografi (fisik dan manusia)

    Secara garis besar,aspek dalam ilmu geografi dibagi menjadi dua bagian,yaitu aspek fisik dan aspek sosial.Aspek fisik dipelajari dan dikembangkan oleh geografi fisik,sedangkan aspek sosial dipelajari dan dikembangkan oleh geografi manusia.Namun demikian pada akhir-akhir ini aspek fisik maupun aspek sosial dikembangkan oleh geografi  fisik maupun geografi manusia.
    Aspek fisik meliputi batuan bumi,mineral dan struktur batuan,air,cuaca dan iklim,serta flora fauna juga.Sementara itu,aspek sosial melibatkan aspek sosial,ekonomi politik,dan budaya.Dalam geografi,aspek fisik dan aspek sosial selalu berhubungan dengan ilmu-ilmu lain.Oleh karena itu,geografi dikenal adanya geografi fisik dan geografi manusia atau geografi sosial.

  • Geografi fisik adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari gejala dan peristiwa alam yang terjadi dipermukaan bumi,baik di darat,laut,maupun udara beserta gaya yang menyebabkan terjadinya peristiwa tersebut.
  • Geografi manusia adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara penduduk dan keadaan alam,serta aktivitas dari usaha manusia dalam menyesuaikan dengan keadaan alam demi kemakmuran dan kesejahteraan hidupnya.
    Gabungan antara geografi fisik dan geografi sosial/manusia akan melahirkan studi baru,yaitu geografi regional.




Diambil dari Buku Geografi Kelas X 


EmoticonEmoticon