Masalah Pokok Ekonomi (Barang Apa yang Akan Diproduksi?)

  
1. Barang Apa yang Akan Diproduksi ?
    Masalah ekonomi yang pertama ini adalah menyangkut tentang barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.Masyarakat harus menentukan berapa banyak masing-masing barang dan jasa yang akan diproduksi dan kapan diproduksinya.Untuk menentukan barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya,tentu saja hal ini berhubungan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.Masyarakat harus tahu apa yang menjadi selera dan keinginan konsumen.Semakin banyak keinginan konsumen tentu saja mengakibatkan pilihan barang apa yang akan diproduksi semakin beragam.

    Contoh : apakah suatu perusahaan akan memproduksi mebel atau kemeja ? Apakah kita akan memproduksi kemeja bermutu tinggi dalam jumlah yang sedikit atau kemeja bermutu rendah dalam jumlah yang banyak? Apakah kita akan menggunakan sumber daya yang terbatas untuk membuat suatu produk? Atau apakah kita akan membuat lebih sedikit barang investasi yang akan menaikkan produktivitas di kemudian hari ?
    Jadi,dalam menentukan pilihan barang apa yang akan diproduksi tidak terbatas pada satu kelompok kebutuhan.Tentu saja kita juga harus dapat menentukan dengan tepat kombinasi barang yang diproduksi dari sekian banyak pilihan







Diambil dari buku Ekonomi kelas X 

1 Response to "Masalah Pokok Ekonomi (Barang Apa yang Akan Diproduksi?)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel