Pendekatan Keruangan (Spatial Approach)


    Pendekatan keruangan merupakan analisis yang menekankan pada eksistensi ruang sebagai wadah untuk mengakomodasikan kegiatan manusia dalam menjelaskan fenomena geosfer .Pendekatan keruangan digunakan dalam mengkaji objek formal untuk menjawab pertanyaan  di mana fenomena geosfer tersebut berada.Dengan demikian analisis keruangan berkaitan dengan pertanyaan "where".Analisisnya meliputi aspek-aspek ruang di muka bumi meliputi faktor lokasi kondisi alam,dan kondisi sosial budaya.
    Di dalam menggunakan pendekatan keruangan,seorang ahli geografi akan mengkaji/menganalisis dengan sangat memperhatikan faktor letak,distribusi,interelasi serta interaksi keruangan fenomena geosfer yang dikajinya.Salah satu contoh pendekatan keruangan tersebut adalah sebagai berikut.
    Seorang pedagang ingin mendirikan warung.Warung itu didirikan di pinggir jalan raya,letaknya strategis.Bahan baku untuk kebutuhan warungnya juga mudah didapat.Hasil produksinya juga mudah dibeli karena pasti sering dilewati banyak orang.
    Pada contoh diatas,sangat jelas bahwa ruang untuk mendirikan pabrik memiliki nilai ruang yang tinggi,yaitu di pinggir jalan raya,lokasinya strategis (mudah dijangkau).


Baca Juga "Pendekatan Lingkungan dan Pendekatan Kewilayahan"

0 Response to "Pendekatan Keruangan (Spatial Approach) "

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel