Pengertian Pengindraan Jauh menurut para ahli - IlmudanInfo

IlmudanInfo

Menyajikan Informasi Pelajaran di Sekolah

Latest Update
Tunggu...

2016/11/13

Pengertian Pengindraan Jauh menurut para ahli

   
Pengindraan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek,daerah,atau gejala dengan cara menganalisis data yang diperoleh menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek,daerah,atau gejala yang dikaji.
    Dalam penginderaan jauh,objek yang diindra atau yang ingin diketahui berupa objek di permukaan bumi,dirgantara,atau antariksa.Alat yang digunakan untuk melakukan penginderaan jauh adalah sensor.Sensor berfungsi melacak,mendeteksi,dan merekam suatu objek di bumi dalam daerah jangkauan tertentu.
    Ada banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian penginderaah jauh.Ahli-ahli tersebut antara lain sebagai berikut.
  • Lillesand dan Kiefer,penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memeproleh informasi tentang objek,daerah,atau gejala dengan jalan menganalisis data yang diperoleh menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek,daerah,atau gejala yang dikaji.
  • Colwell,pengindraan jauh adalah suatu pengukuran atau perolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek yang diindra.
  • Curran,pengindraan jauh adalah penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bu,i yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.
  • Lindgren,pengindraan jauh adalah berbagai teknik yanf dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi.
  • Sabins,pengindraan jauh adalah suatu ilmu untuk memeperoleh,mengolah,dan menginterpretasi yang telah direkam yang berasal dari interaksi antara gelombang elektromagnetik dan suatu objek.


EmoticonEmoticon