Pengertian Geografi,Geologi,Geomorfologi,Geofisika,dan Geodesi.

Geografi berasal dari bahasa Yunani yaitu "geo" (bumi) dan "graphein" (menulis atau menjelaskan).Claudius Ptolomeus membuat buku yang berisi kajian tentang bumi yang berjudul Geographia.Beberapa cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji bumi kebanyakan menggunakan kata geo,seperti geologi,geomorfologi,geofisika,geodesi,dan geografi.Tiap-tiap cabang pengetahuan memiliki pusat perhatian atau kajian yang berbeda.

Geologi
inti kajiannya yaitu tentang kulit bumi atau kerak bumi.Sasaran utamanya yaitu untuk mengetahui sejarah perkembangan kulit bumi,baik yang terdapat didaratan maupun di dasar laut.
Sumber : Google
Geomorfologi
inti kajianya mempelajari perubahan bentuk-bentuk muka bumi akibat pengaruh tenaga endogen,eksogen,dan campur tangan manusia.Tenaga endogen dapat berupa vulkanisme dan tektonisme yang menimbulkan kapisan kulit bumi.Sementara itu tenaga eksogen dapat berupa pengaruh sinar matahari,angin,hujan,dan gletser.

Geofisika
inti kajiannya mempelajari bagian dalam bumi dengan bantuan ilmu fisika,kimia,dan juga matematika.Sasaran utamanya untuk mengetahui proses-proses yang berlangsung di dalam bumi.

Geodesi
inti kajiannya mempelajari bentuk dan ukuran-ukuran bumi,baik bagian per bagian maupun bumi secara keseluruhan yang berkaitan eat dengan usaha pemetaan bentuk muka bumi.Usaha pemetaan dilakukan,baik melalui pengukuran langsung di muka bumi,pengukuran teristris,maupun dengan memanfaatkan foto udara atau citra satelit yang merupakan hasil dari pengindraan jauh.

0 Response to "Pengertian Geografi,Geologi,Geomorfologi,Geofisika,dan Geodesi."

Catat Ulasan