Hambatan dan Tantangan dalam penegakan HAM di Indonesia

    Hambatan dan tantangan dalam penegakan hak asasi manusia di Indonesia - Mengapa pelanggaran hak asasi manusia sering terjadi di indonesia? Apabila kita cermati ternyata faktor penyebabnya sangat kompleks adan sekaligus merupakan hambatan dalam penegakan HAM.Faktor-faktor teresbut diantaranya sebagai berikut.

 1. Adanya dikotomi antar individualisme dan kolektivisme
Persoalan individualisme dan kolektivisme seharusnya tidak perlu dipertentangkan,karena hal tersebut merupakan fakta sosial yang memiliki tempat sendiri-sendiri.Oleh karena itu pandangan yang mengkontradiksikan antara individualisme dan kolektivisme dinilai kurang tepat.


 2. Kurang berfungsinya lembaga-lembaga penegak hukum
Lembaga-lembaga penegak hukum seperti Polisi,Jaksa dan Pengadilan adalah sauatu lembaga yang mempunyai peran sangat penting dalam menegakkan kebenaran dan keadilan,sehingga sangat diperlukan adanya supremasi hukum.

 3. Belum adanya kesefahaman pada tataran konsep hak asasi manusia secara universal dengan partikularisme.
Di negara dunia ketiga termasuk Indonesia ada kecenderungan pemerintahnya menganut partikularisme yakni bahwasanya HAM harus dipandang dari beragam perspektif,arena masyarakat dunia pun juga beragam.Aliran ini beranggapan bahwa konsep HAM sebagaimana konsep Pancasila adalah hasil galian atas sejarah kehidupan bangsa.Bagi bangsa Indonesia memiliki bentuk yang khas dan tidak perlu dibandingkan dengan HAM model manapun.Sebaliknya ada yang menganut pandangan aliran universal yang cenderung melakukan komparasi dengan perumusan model barat.

0 Response to "Hambatan dan Tantangan dalam penegakan HAM di Indonesia"

Catat Ulasan