2017/08/07

Hikmah Syaja'ah

     Hikmah Syaja'ah - Ada pepatah mengatakan,"Pemberani mati satu kali tetapi pengecut mati seribu kali." Pepatah ini menunjukkan bahwa sikap syaja'ah memiliki hikmah yang sangat besar.Kesuksesan akan didapat oleh orang yang memiliki sikap berani dalam berjuang.Hikmah syaja'ah diantara lain sebagai berikut.

Hasil gambar untuk keberanian 1. Syaja'ah adalah sikap manusia mencapai kemajuan.Sikap ini telah banyak dicontohkan oleh para pahlawan pembela bangsa,pembela negara,dan agama.Mereka memiliki sikap berani menghadapi lawan,sehingga keberanian mereka berbuah kepada keberhasilan memenangkan pertarungan dan mampu mengantarkan bangsanya kepada kemajuan.

 2. Syaja'ah menghilangkan perasaan merasa sulit dan menghilangkan rasa tidak mampu.Sikap merasa silit sebenarnya berasal dari rasa cemas dan takut.Jika timbul keberanian,akan hilang rasa sulit.Seseorang yang takut menghadapi suatu urusan,dia akan merasakan bahwa apa yang dihadapinya itu merupakan sesuatu yang sulit.Akan tetapi seseorang yang memiliki sikap syaja'ah/berani tentu akan merasa mudah dalam menghadapi sesuatu.

 3. Syaja'ah akan mendorong seseorang untuk kreatif dan produktif.Sikap syaja'ah dapat mengasah kemampuan seseorang menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

 4. Syaja'ah mendatangkan ketenteraman,sebaliknya sikap pengecut menimbulkan kegelisahan dan keragu-raguan.Sikap syaja'ah ini mendorong ketenangan dirinya dalam melakukan sesuatu sesuai dengan dasar norma kebenaran ajaran agama.

Artikel Terkait

Hikmah Syaja'ah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

11/10/17, 11:43 PTG Delete

terima kasih sudah sangat membantu karena pembelajaran saat ini sering menggunakan hp dari pada buku

Terima Kasih #MRF

Reply
avatar