Pengertian dan Jenis-Jenis Pengangguran

1. Pengertian Pengangguran
      Pengangguran yaitu orang yang tidak bekerja sama sekali,sedang mencari kerja,bekerja kurang dari dua hari selama seminggu,atau seseorang yang sedang berusaha mendapakan pekerjaan yang layak.Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah kesempatan kerja atau lapangan kerja yang mampu menyerapnya.

Gambar terkait

2. Jenis-Jenis Pengangguran
      
  a. Menurut Faktor-Faktor Penyebabnya
Jenis-jenis pengangguran menurut faktor penyebabnya antara lain sebagai berikut.

1) Pengangguran Siklikal
     merupakan pengangguran yang terjadi akibat siklus gelombang atau perubahan naik-turunya kondisi ekonomi.
2) Pengangguran Teknologi
     adalah pengangguran akibat perubahan teknologi.Misalnya penggantian tenaga manusia dengan mesin atau robot,becak diganti dengan mobil,dan teller bank diganti dengan mesin ATM (Automatic Teller Machine)
3) Pengangguran Struktural
     merupakan pengangguran karena perubahan struktur ekonomi dan corak ekonomi dalam jangka panjang.Misalnya perubahan dari struktur agraris menjadi industri,lahan-lahan pertanian digunakan untuk mendirikan pabrik,sedangkan tenaga kerjanya hanya mempunyai keterampilan di sektor pertanian saja.
4) Pengangguran Friksional
     merupakan pengangguran yang terjadi sementara waktu.Misalnya menganggur sementara menunggu panggilan kerja,menganggur sementara karena mogok menuntut kenaikan gaji,dan menganggur sementara karena belum ada order pekerjaan.

  b. Menurut Ciri-Cirinya
Jenis-jenis pengangguran menurut faktor penyebabnya antara lain sebagai berikut.

1) Pengangguran Terbuka
     yaitu tenaga kerja yang benar-benar tidak mempunyai pekerjaan.Pengangguran ini banyak sekali penyebabnya.Misalnya tenaga kerja sudah berusaha mencari pekerjaan,tetapi belum mendapatkan pekerjaan.Ada pula yang menganggur karena terpaksa disebut pengangguran terpaksa atau pengangguran yang tidak dikehendaki,misalnya seseorang menganggur karena cacat.

2) Pengangguran Terselubung
     merupakan jumlah pekerja dalam suatu kegiatan ekonmi lebih banyak daripada yang sebenarnya diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan.Kelebihan tenaga kerja yang digunakan digolongkan dalam pengangguran terselubung.Contohnya pelayan restoran yang lebih banyak daripada yang diperlukan dan keluarga petani dengan anggota keluarga yang besar yang mengerjakan luas tanah yang sempit,dan seseorang yang melakukan pekerjaan,tetapi tidak sesuai dengan keinginanya atau tidak sepadan dengan kemampuannya.

3) Pengangguran Musiman
     yaitu pengangguran akibat perubahan musim atau kegagalan musim.Misalnya,petani menganggur menunggu musim panen atau menganggur karena gagal panen.

4) Setengah Menganggur
      Di negara-negara berkembang migrasi dari desa ke kota sangat pesat.Akhirnya tidak semua yang pindah ke kota memperoleh pekerjaan esuai dengan yang diinginkan.Sebagian yang pindah jadi pengangguran sepenuh waktu.Selain itu ada pula yang tidak menganggur tetapi tidak bekerja penuh waktu

0 Response to "Pengertian dan Jenis-Jenis Pengangguran"

Catat Ulasan