Pengertian dan Teori Masalah Sosial

 Pengertian Masalah Sosial
    Masalah sosial merupakan suatu ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat,yang membahayakan kehidupan sosial.Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau Masyarakat.

    Pebnertian masalah kesejahteraan sosial pada dasarnya tidak berbeda dengan masalah sosial.Ernest Burgess,megemukaan teori tentang masalah sosial dalam perkembagnan sosiologi,yang dapat dikelompokkan menjadi lima :

  1. Masalah Sosial sebagai patologi organik individual
  2. Masalah Sosial sebagai disorganisasi personal dan sosial
  3. Masalah Sosial sebagai patologi sosial
  4. Masalah Sosial seabgai proses
  5. Masalah Sosial sebagai konflik-konflik nilai


Masalah sosial sendiri muncul akibat terjadinya perbedaan yang mecolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada.Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam.Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat,organisasi sosial,pemerintahan,musyawarah masyarakat,dan lain-lain.

Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 jenis faktor,yaitu antara lain sebagai berikut.
  1) Faktor Ekonomi  : Kemiskinan pengangguran,dll.
      Faktor ini merupakan faktor terbesar terjadinya masalah sosial.Apalagi setelah terjadinya krisis global PHK mulai terjadi di mana-mana dan bisa memicu tindak kriminal karena orang sudah sulit mencari pekerjaan.

  2) Faktor Budaya : Perceraian,kenakalan remaja,dll.
      Kenakalan remaja menjadi masalah sosial yang sampai saat in sulit dihilangkan karena remaja sekarang suka mencoba hal-hal baru yang berdampak negatif,misalnya Narkoba,padahal remaja adalah aset terbesar suatu bangsa.Merekalah yang meneruskan perjuangan yang sudah dibangun sejak dulu.

  3) Faktor Psikologis : aliran sesat,penyakit staraf,dll.
      Aliran sesat sudah banyak terjadi di Indonesia dan meresahkan masyarakat walaupun sudah banyak yang ditangkap dan dibubarkan tapi aliran serupa masih banyak bermunculan di Masyarakat sampai saat ini.

  4) Faktor Biologis : Penyakit menular,keracunan makanan,dll.
      Penyakit menular bisa menimbulkan masalah sosial bila penyakit tersebut sudah menyebar disuatu wilayah atau bisa menjadi pandemik.


0 Response to "Pengertian dan Teori Masalah Sosial"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel