Penjelajahan Samudra Bangsa Barat (Portugis,Spanyol,Inggris,dan Belanda)



    Penjelajahan samudra oleh bangsa Barat/Eropa dipelopori oleh para pelaut antara lain dari negara-negara Portugis,Spanyol,inggris,dan Belanda.

 A. Pelaut Portugis
     Para pelaut Portugis juga mengadakan penjelajahan samudra.Beberapa pelaut tersebut antara lain sebagai berikut.


 1. Bartholomeus Diaz
     yang mencoba melakukan pelayaran mencari jalan ke timur untuk menemukan tanah Hindia.Namun,ia hanya sampai ke Tanjung Harapan.


 2. Vasco da Gama (1460-1542)
     ia berlayar atas perintah dari Raja Portugis.Pada bulan Juli 1497,Vasco da Gama dengan empat buah kapal layar beserta 170 anak buahnya bertolak dari Pelabuhan Lisabon ke arah selatan.Ia mengikuti jalur yang pernah ditempuh Bartholomeus Diaz dan tiba di Kalikut,India.Di India,orang-orang Portugis memborong berbagai rempah-rempah seperti cengkih,lada,kayu manis,pala,kemenyan,dan kayu wangi,serta porselein untuk dibawa ke Portugis.Di Goa didirikan kantor dagang Portugis yang dilengkapi dengan benteng.Atas keberhasilan ini Vasco da Gama diangkat sebagai laksamana dan berkuasa di India (Goa).

Gambar terkait

 3. Alfonso d'Albuquerque
     dikirim untuk menemukan tempat penghasil rempah-rempah yang sebernya karena India ternyata bukanlah pusat penghasil rempah-rempah.Pada tahun 1511,ekspedisi Alfonso d'Albuquerque sampai di perairan Selat Malaka dan menguasai Kerajaan Malaka.Sejak itu Portugis menguasai pusat perdagangan rempah-rempah di Asia Tenggara.


 B. Pelaut Spanyol

 1. Christoper Colombus (1451-1506)
     yang mengarungi samudra atas dukungan Ratu Isabella di Spanyol dengan Kapal Santa Maria,nina,dan Pinta.Setelah beberapa kali melakukan ekspedisi,Colombus berhasil menemukan daerah-daerah di sekitar Laut Karibia.

 2. Magelhaens dan Del Cano
     yang terdorong karena keberhasilan Colombus pada 10 Agustus 1519,bersama dengan lima kapal lengkap beserta peralatan dan kebutuhan hidup di laut,bertolak meninggalkan Spanyol.

 3. Herdinan Cortez
     pada tahun 1517 ia berhasil menguasai Kerajaan Aztec di meksiko dan Kerajaan Suku Maya di Semenanjung Yucatan.

 4. Pezzaro
     Pelaut Spanyol yang pada tahun 1532-1533 berhasil merampas kekuasaan Kerajaan Inka di daerah pedalaman Peru.


 C. Pelaut Inggris dan Belanda

 1. Pilgrim Father
     kelompok laut inggris yang berlayar menggunakan Kapal Mayflower.Kelompok Pelgrim Father berlayar sampai Amerika Utara dan membangun koloni di Massachusetts pada tahun 1607.

 2. Barents
     Pelaut Belanda berlayar melalui daerah kutub utara.Namun,ia gagal karena kepalanya terjepit es sehingga berhenti di sebuah pulau yang dinamakan Novaya Zemlya.Ia berusaha keras kembali ke negerinya,tetapi ia meninggal di perjalanan.

 3. Cornelis de Houtman
     pelaut Belanda yang pada tahun 1595 ia melalui jalur orang-orang Portugis.Cornelis de Houtman beserta rombongan berhasil mencapai kawasan Indonesia dan mendarat di Banten pada tahun 1595.

 4. Abel Tasman
     Pelaut,penjelajah,dan musafir Belanda.Ia bertugas sebagai nahkoda VOC.PAda tahun 1639,ia berlayar ke daerah selatan di Kepulauan Mas dan tahun 1642 menemukan Pualu Van Diemens's atau Pulau Tasmania.


0 Response to "Penjelajahan Samudra Bangsa Barat (Portugis,Spanyol,Inggris,dan Belanda)"

Catat Ulasan