Pengertian dan Jenis-Jenis Kemiskinan

Pengertian Kemiskinan

    Menurut Prof.Mubiyarto,kemiskinan adalah rendahnya taraf hidup kehidupan suatu masyarakat baik berada di pedesaan maupun yang berada di daerah perkotaan.

    Menurut Levitan,kemiskinan yaitu kondisi kekurangan barang dan pelayanan yang dibutuhkan untuk mencapai standar hidup yang layak


    Jadi secara umum dapat disimpulkan,kemiskinan adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya agar sesuai dengan taraf kehidupan kelompok.Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan orang tersebut mengelola tenaga psikis maupun fisik yang dimilikinya.


Jenis-Jenis Kemiskinan

 1. Kemiskinan Subjektif
     Kemiskinan subjektif adalah kemiskinan yang terjadi karena setiap orang mendasarkan pemikiranya sendiri dengan menyatakan bahwa kebutuhannya tidak terpenuhi secara cukup walaupun sebenarnya tidak terlalu miskin
     Contoh : Pengemis musiman di Jakarta

 2. Kemiskinan Absolut
     Kemiskinan Absolut adalah seseorang (keluarga) yang memiliki pendapatan dibawah garis kemiskinan sehingga kurang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sandang,pangan,papan,kesehatan,dan pendidikan mereka.
     Contoh : Keluarga yang kurang mampu

 3. Kemiskinan Relatif
     Kemiskinan Relatif adalah bentuk kemiskinan yang terjadi karena adanya pengaruh kebijakan pembangunan yang belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga menyebabkan adanya ketimpangan pendaptan atau ketimpangan standar kesejahteraan.
     Contoh : kurangnya lapangan kerja menimbulkan banyak pengangguran

 4. Kemiskinan Alamiah
     Kemiskinan Alamiah adalah kemiskinan yang terjadi karena keadaan alam yang miskin atau langka sumber daya alam (SDA),sehingga produktivitas masyarakat menjadi rendah.
     Contoh : Orang-orang yang ada di Zimbabwe sana kekurangan SDA,karena disekitarnya hanya tanah yang tandus.

 5. Kemiskinan Kultural
     Kemiskinan kultural adalah kemiskinan yang terjadi karena sikap dan kebiasaan seseorang atau masyarakat yang umumnya berasal dari budaya atau adat istiadat yang relatif tidak mau untuk memperbaiki taraf hidup dengan tata cara modern.
     Contoh : Suku Badui yang menolak ajaran-ajaran modern dan tetap teguh dengan adat istiadatnya

 6. Kemiskinan Struktural
     Kemiskinan yang terjadi karena ketidak mampuan sistem atau struktur sosial menghubungkan seseorang dengan sumber daya yang ada.
     Contoh : Malas bekerja,kasus Freeport
   

0 Response to "Pengertian dan Jenis-Jenis Kemiskinan"

Catat Ulasan