Pengertian dan Unsur Pembangunan Ekonomi - IlmudanInfo

IlmudanInfo

Menyajikan Informasi Pelajaran di Sekolah

Latest Update
Tunggu...

2017/10/17

Pengertian dan Unsur Pembangunan Ekonomi

    Pengertian Pembangunan Ekonomi - Menurut Todarro,pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses multidimensional.Pembangunan Ekonomi melibatkan perubahan-perubahan besar dalam struktur sosial,sikap-sikap mental yang sudah terbiasa dan lembaga-lembaga nasional.Termasuk juga percepatan pertumbuhan ekonomi serta pengurangan dan pemberantasan kemiskinan absolut.

    Menurut Paul Streeten konsep pertumbuhan fisik harus disertai dengan perubahan cara berpikir sehingga ia menyimpulkan perlunya pembangunan ekonomi yang meliputi hal berikut.

  • Perubahan dalam cara berpikir yang tampak dalam perubahan kelembagaan sosial,administrasi sikap dan budaya.
  • Pertumbuhan yang merupakan relatis fisik yang berwujud dalam bentuk produksi dan pendapatan.

     Menurut Simon Kuznets,berdasarkan pengamatannya di negara-negara maju,ia menyimpulkan bahwa setiap proses pembangunan ekonomi akan terdapat tiga tanda,yaitu : 
  • Teknologi yang terus berkembang
  • Produksi,baik jumlah naupun jenisnya terus-menerus bertambah
  • Agar perkembangan ekonomi itu menjadi unsur yang tidak lepas dari perumbuhan teknologi,dibutuhkan penyesuaian ideologi dan sikap hidup.
     Prof Dr. Sumitro Djojohadikusumo menyatakan pembangunan ekonomi adalah usaha memperbesar pendaptan per kapita dengan menaikakn produktivitas per kapita dengan cara menambah modal dan keahlian.Pembangunan ekonomi menandung arti perubahan struktural sebab bermaksud untuk memperluas dasar ekonomi dan lapangan kehidupan.Pembangunan ekonomi juga mengandung kehendak mengubah cara hidup dan cara berpikir.Pembangunan ekonomi juga mengandung cara menghadapi persoalan untuk menempuh cara-cara baru yang dapat membawa kemajuan.

    Dari definisi yang sudah disebutkan di atas,dapat disimpulkan bahwa pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan dalam pendapatan total dan pendapatan per kapita dengan menghitung adanya pertambahan penduduk disertai adanya perubahan fundamental (perubahan mendasar) dalam struktur ekonomi.

     Dari pengertian itu terkandung empat unsur penting pembangunan ekonomi.
  • Pembangunan ekonomi mengakibatkan perubahan sosial
  • Pembangunan ekonomi berlangsung dalam jangka waktu yang panjang
  • Pembangunan ekonomi mengandung suatu proses perubahan yang terus-menerus
  • Pembangunan ekonomi berupaya meningkatkan GNP per kapita


EmoticonEmoticon