Cara memperluas lapangan pekerjaan

loading...
    Cara memperluas lapangan pekerjaan - Langkah-langkah ini mampu membuka lapangan kerja sekaligus mengatasi ledakan pengangguran,karena dapat merekrut orang yang bersedia bekerja ke luar negeri dan menyalurkan ke perusahaan-perusahaan di dalam negeri yang membutuhkan.


    Cara-cara memperluas lapangan pekerjaan ada tujuh,antara lain sebagai berikut.

  1. Meningkatkan investasi ang dilakukan oleh pemerintah,perseroan,dan swasta sehingga lapangan kerja bertambah.
  2. Memberi fasilitas kepada investor seperti menurunkan tarif pajak,kepastian hukum,mempermudah izin usaha,kemudahan pemberian kredit,dan adanya subsidi.
  3. Mengadakan kerja sama dengna negara lain untuk menanamkan modal asing di dalam negeri,atau menarik modal asing.
  4. Mengadakan kerja sama dengan negara yang membutuhkan tenaga kerja.Dapat pula mengadakan kerja sama antardaerah,sehingga daerah yang kelebihan tenaga kerja dapat memobilisasi tenaga kerjanya untuk bekerja di daerah yang membutuhkan dan kekurangan tenaga kerja
  5. Meningkatkan dan menambah jenis ekspor barang yang dapat mendorong investasi dan meningkatkan lapangan pekerjaan
  6. Pemerintah melakukan anggaran defisit.Hal ini dilakukan dengna cara membuat angaran penerimaan lebih kecil dibandingkan pengeluaran yang nantianya digunakan untuk membiayai proyek-proyek pembangunan,seperti pembangunan bendungan,melakukan transmigrasi,dan pembangunan jalan.
  7. Pemerintah melakukan kebijaksanaan yang menciptakan iklim ekonomi yang kondusif bagi penanaman modal dan perkembangan dunia usaha.Misalnya,kebijaksanaan deregulasi,yaitu penataan kembali dan penyempurnaan peraturan tata kehidupan dunia usaha.
loading...

0 Response to "Cara memperluas lapangan pekerjaan"

Catat Ulasan