Jenis-Jenis Barang Tambang

    Jenis-Jenis Barang tambang - berdasarkan cara terbentuknya,sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (bahan tambang) dapat dibedakan menjadi :

  • Bahan Tambang magmatik,yaitu bahan tambang yang terbentuk dari magma.
  • Bahan tambang pematit,yaitu bahan tambang yang terbentuk di dalam diatrema dan dalam bentukan intrusi.
  • Bahan tambang endapan,adalah bahan galian yang terbentuk akibat adanya proses pengendapan
  • Bahan tambang hasil pengayaan sekunder,yaitu bahan tambang yang terbentuk karena terkonsentrasinya mineral dari batuan yang melapuk.
  • Bahan tambang hasil metamorfosis kontak,yaitu bahan tambang yang terbentuk karena tercampurnya magma dengan batuan lain sehingga terbentuk mineral baru.
  • Bahan tambang hidrotermal,yaitu resapan magma cair yang membeku di celah-celah struktur lapisan bumi atau pada lapisan yang bersuhu relatif rendah (dibawah 500derajat Celcius)

    Sedangkan secara umum,barang tambang meliputi barang tambang sumber eneri,bahan galian bijih logam,dan bahan galian batuan.Menurut Peraturan Pemerintah No.27 tahun 1980,bahan galian tambang di Indonesia dikelompokkan menjadi tiga golongan meliputi L
  • Golongan A,atau bahan tambang strategis.Adalah bahan tambang yang hanya boleh dimiliki oleh pemerintah.Contohnya antara lain : batu bara,minyak bumi,alumunium,timah putih,besi,dll.
  • Golongan B,atau bahan tambang vital.Adalah bahan tambang yang dapat menjamin hajat hidup orang banyak,Contohnya antara lain : emas,perak,magnesium,seng,wolfram,batu permata,seng,dll.
  • Golongan C,yaitu bahan tambang yang tidak termasuk dalam golongan A maupun golongan B.Contohnya adalah bahan-bahan industri.
     Jenis barang tambang di Indonesia secara umum dapat dibedakan menurut wujud dan kegunaanya.

 1) Menurut Wujudnya
  Barang tambang padat,contohnya emas,perak,bijih besi,tembaga,batu bara,timah,dan bauksit.

 2) Menurut Kegunaanya
  a) Barang tambang sumber energi
 Barang tambang ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan kegiatan industri,jasa,perhubungan dan rumah tangga mulai dari pemanfaatan yang paling sederhana sampai modern.Contohnya antara lain minyak bumi,gas alam,batu bara,dan uranium

 b) Barang tambang untuk industri
 Barang tambang ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri.Contohnya antara lain emas,perak,tembaga,bauksit,pasir kuarsa,fosfat,dan batu kapur.

0 Response to "Jenis-Jenis Barang Tambang"

Catat Ulasan