Macam-Macam Kebijakan Ekonomi

    Kebijakan Ekonomi adalah beberapa peraturan atau batasan-batasan di bidang ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah.Tujuan dibuatnya kebijakan ekonomi yaitu untuk meningkatkan taraf hidup matau tingkat kesejahteraan masyarakat.Oleh karena itu,Kebijakan Ekonomi dibagi menjadi 3 macam,yaitu Kebijakan Mikro,Kebijakan Makro,dan Kebijakan Meso.

 1. Kebijakan Mikro
Kebijakan Mikro yaitu kebijakan pemerintah yang ditujukan pada semua perusahaan tanpa melihat jenis kegiatan yang dilakukan oleh atau di sektor mana dan di wilayah mana perusahaan beroperasi.

Contoh Kebijakan mikro yang dilakukan pemerintah yaitu sebagai berikut.

  • Kebijakan kemitraan antara perusahaan besar dan perusahaan kecil di semua sektor ekonomi
  • Kebijakan kredit bagi perusahaan kecil di semua sektor dan lain-lain
  • Peraturan pemerintah yang mempengaruhi pola hubungan kerja (managjer dengan para pekerja) dan kondisi kerja dalam perusahaan
  • Menetapkan harga minimum dan maksimum untuk melindungi produsen atau konsumen

 2. Kebijakan Makro
Kebijakan ini mencakup semua aspek ekonomi pada tingkat nasional,misalnya kebijakan uang ketat (kebijakan moneter).Kebijakan makro ini bisa mempengaruhi kebijakan meso (sektoral atau regional),dan membuat kebijakan mikro menjadi lebih atau kurang efektif.Instrumen yang digunakan untuk kebijakan makro adalah tarif pajak,jumlah pengeluaran pemerintah melalui APBN,ketetapan pemerintah dan intervensi langsung di pasar valuta untuk mempengaruhi nilai tukar mata uang rupiah terhadap valas.

Untuk menjalankan kebijakan yang sudah dijelaskan tersebut harus disusun strategi tertentu,berikut ini strategi pembangunan ekonomi di Indonesia.
  • Memperkuat hubungan nasional,baik secara lokal maupun internasional
  • Mempercepat kapabilitas teknologi dan ilmu pengetahuan atau IPTEK.
  • Mengembangkan koridor pembangunan ekonomi Indonesia dengan cara membangun pusat-pusat perekonomian di setiap pulau.
 3. Kebijakan Meso
Kebijakan Meso yaitu kebijakan yang ditujukan pada sektor atau wilayah tertentu yang dapat dibeakan menjadi dua macam,yaitu sebagai berikut.
  • Kebijakan Ekonomi meso dalam arti sektoral adalah kebijakan ekonomi yang khusus ditunjukan pada sektor-sektor tertentu.Setiap departemen pemerintah mengleuarkan kebijakans endiri,yang bisa sama atau berbeda untuk sektornya.Kebijakan ini mencakup keuangan,distribusi,produksi,tata niaga,sistem pengadaan bahan baku,ketenagakerjaan,termasuk sistem penggajian,investasi,dan jaminan sosial bagi pekerja.
  • Kebijakan Ekonomi meso dalam arti regional adalah kebijakan ekonomi yang ditunjukkan pada wilayah tertentu.Misalnya,kebijakan industri regional di kawasan tmur Indonesia (KTI) yang menyangkup kebijakan industri regional,kebijakan investasi regional,kebijakan fiskal regional,kebijakan pembangunan infrastruktur regional,kebijakan pendapatan,dan pengeluaran pemerintah daerah,

0 Response to "Macam-Macam Kebijakan Ekonomi"

Catat Ulasan