Dampak Penjajahan di Bidang Sosial Budaya

    Dampak Penjajahan Bangsa Barat pada Masa Pergerakan Nasional hingga Kini di Bidang Sosial Budaya - Praktik kolonialisme bangsa Barat di Indoensia membawa dampak pada kehidupan masyarakat di tanah jajahan yang bisa dirasakan hingga kini.Di antarannya di bidang sosial budaya membawa dampak berikut.

 1) Pembagian Status Sosial Masyarakat
  Pembagian status (kedudukan) sosial pada zaman kolonial Belanda ditetapkan dalam peraturan hukum ketatanegaraan Hindia Belanda (Indische Staatsregeling) tahun 1927.Menurut peraturan tersebut penggolongan penduduk Indoensia,sebagai berikut.

  a. Golongan Eropa dan yang dipersamakan,yaitu

  • Bangsa Beanda dan keturunannya
  • Bangsa-Bangsa Eropa lainnya seperti Portugis,Prancis,Inggris,dan sebagainya
  • Orang-orang bangsa lain (bukan Eropa) yang telah dipersamakan dengan Eropa karena kekayaan,keturunan bangsawan dan pendidikan
  b. Golongan Timur Asing,yaitu golongan yang terdiri dari golongan Cina,Arab,India,Pakistan dan lain-lain.Mereka berada pada lapisan menengah.

  c. Golongan Pribumi yaitu bangsa Indoensia Asli (bumiputera) yang berada pada lapisan bawah

 2) Adanya Pelapisan Sosial
  Dalam masyarakat pribumi dikenal adanya pelapisan sosial berdasarkan status sosialnya,yaitu lapisan bawah,menengah,dan lapisan atas.
  1. Lapisan bawah,terdiri dari rakyat jelata dan merupakan penduduk terbesar dan hidup melarat.Mereka tinggal di desa-desa sebagai petani dan buruh perkebunan,di kota-kota sebagai buruh kecil,dan tukang-tukang.
  2. Lapisan Menengah,meliputi para pedagang kecil dan menengah,petani-petani kaya dan pegawai.
  3. Lapisan Atas,terdiri atas keturunan-keturunan bangsawan atau kerabat raja yang memerintah suatu daerah.Pada umumnya mereka terbagi lagi dalam tingkatan dan gelar sesuai dengan tingat kedekatan hubungan darah mereka dengan raja.Golongan ini biasanya disebut elite tradisional dan elite daerah.

  Disamping elite tradisional muncul juga elite temporer atau disebut juga elite agama.Kedudukan mereka pada lapisan atas sulit untuk diturunakn kepada anak cucunya.Mereka merupakan pemuka-pemuka agama seabgai pemimpin rohani,seperti Ulama,dan Kiai yang sangat berpengaruh tidak hanya di daerahnya,tetapi jauh melampaui batas-batas wilayahnya.Perlawanan-perlawanan daerah terhadap kolonialis dan kapitalis asing maupun terhadap elite tradisional banyak dipimpin oleh elite agama tersebut.

0 Response to "Dampak Penjajahan di Bidang Sosial Budaya"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel