Penyebab utama kerusakan terumbu karang

    Kerusakan Terumbu Karang - Dalam sepuluh tahun terakhir ini,kondisi terumbu karang Indonesia mengalami penurunan sampai pada tingkat yang mengkhawatirkan.Penyebab utama kerusakan terumbu karang adalah kegiatan manusia,antara lain sebagai berikut.

  1. Penggunaan racun dan bahan peledak yang merusak sumber daya terumbu karang.Cara penangkapan seperti ini telah terjadi hampir semua lokasi terumbu karang.Selain menghancurkan dan mematikan terumbu karang,banyak ikan atau hewan lain disekitarnya yang bukan merupakan target tangkapan ikut terkena sehingga sumber daya terbuang dengan sia-sia.
  2. Pengambilan dan penambangan karang yang dipergunakan untuk bahan dasar kapur,bahan bangunan,dan diperdagangkan untuk hiasan.
  3. Penangkapan ikan dan biota terumbu karang secara terus menerus dan dalam jumlah yang sangat berlebihan.Hal itu menyebabkan penurunan jumlah dan keanekaragaman jenis sumber daya terumbu karang makin cepat habis sehingga terjadi ketidakseimbangan biologis.
  4. Pencemaran dan pelumpuran yang disebabkan pembangunan di daerah pesisir tidak terkendali.Penebangan hutan dan tumbuhan di sepanjang bantaran sungai mengakibatkan pelimpuran di daerah terumbu karang dan akan mematikan ekosistem ini.

    Selain ancaman utama,penurunan kondisi terumbu karang juga dapat disebabkan oleh pemanfaatan ikan penghuni terumbu karang dan biota lainnya sebagai ikan hias.Akuarium laut sebagai bisnis yang sangat menguntungkan apabila tidak dilakukan dengan hati-hati dan dipantau secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan terumbu karang yang serius.

0 Response to "Penyebab utama kerusakan terumbu karang"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel