2018/01/10

Pengertian Akulturasi,Asimilasi,Amalgamasi

    Pengertian Akulturasi,Asimilasi,dan Amalgamasi - Budaya asli Indonesia banyak bercampur dengan kebudayaan asing.Unsur-unsur budaya asing masuk ke Indonesia sangat berkaitan dengan faktor-faktor geografis.Interaksi dengan budaya asing menghasilkan kebudayaan baru yang semakin memperkaya budaya daerah.Proses ini antara lain melalui akulturasi,asimilasi,dan amalgamasi.

 1. Akulturasi 
    Akulturasi merpakan bersatunya dua kebudayaan sehingga membentu kebudayaan baru tanpa menghilangkan unsur kebudayaan asli.

 2. Asimilasi
  Asimilasi merupakan pembaruan dua kebudayaan yang diserta dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

    Hasil dari proses asimilasi bahwa perbedaan batas semakin tipis antara individu dalam kelompok,atau bisa juga batas-batas antarkelompok.Selanjutnya,individu untuk mengidentifikasikan diri dengan kepentingan bersama.Artinya,yaitu menyesuaikan sesuai dengan kehendak kelompok.Demikian pula,antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.

    Asimilasi dapat terbentuk ketika ada tiga persyaratan berikut.

  • Ada sejumlah kelompok yang memiliki budaya yang berbeda
  • Asosiasi terjadi antara individu dan kelompok secara intensif serta dalam waktu yang relatif lama
  • Budaya setiap perubahan kelompok dan beradaptasi

  3. Amalgamasi
    Amalgamasi yaitu istilah perkawinan campur antaretnis,contohnya etnis Jawa dengan Madura.Amalgamasi biasa dikaitkan dengan asimilasi budaya karena berkaitan dengan interaksi antara dua budaya yang berbeda.Dalam prosesnya,asimilasi pada amalgamasi biasa terjadi konflik,baik antarindividu pelaku amalgamasi,antarkeluarga pelaku amalgamasi,maupun antara individu dengan keluarga.Konflik biasa terjadi ketika ada perbedaan kepentingan yang diperjuangkan oleh kedua budaya tadi.Dalam amalgamasi,kepentingan yang diperjuangan adalah dominasi budaya.Konflik tersebut akan terus terjadi selama egoisme budaya tetap dipertahankan dan tidak adanya keinginan untuk memahami budaya lain.

    Itu tadi ulasan tentang Pengertian Akulturasi,Asimilasi,Amalgamasi.Jika ada yang ditanyakan,bisa kamu cantumkan di kolom komentar.


Artikel Terkait

Pengertian Akulturasi,Asimilasi,Amalgamasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email