Faktor Penyebab Keberagaman Bangsa Indonesia

Faktor Penyebab Keberagaman Bangsa Indonesia - Keberagaman budaya suku bangsa Indonesia merupakan suatu kenyataan dan sekaligus kekayaan yang terdapat dalam lingkungan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Ada beberapa faktor yang menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia,antara lain sebagai berikut.

Posisi yang Strategis
Posisi Indonesia yang strategis yaitu terletak di antara dua benua dan dua samudra yang menjadi perlintasan hubungan antarbangsa juga memengaruhi kebudayaan di Indonesia.

Latar Belakang Sejarah
Dalam perjalanan sejarah menyebutkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan (wilayah Tiongkok bagian selatan).Ketika datang di Nusantara,mereka berhenti di berbagai tempat dan menetap dalam jangka waktu yang lama,bahkan mungkin hingga beberapa generasi.


Selama bermukim di tempat-tempat itu,mereka melakukan adaptasi dengan lingkungannya.Mereka mengembangkan pengetahuan,pengalaman,dan keterampilan-keterampilan khusus sebelum melakukan perjalanan.Dengan perbedaan pengalaman dan pengetahuah telah menyebabkan timbulnya perbedaan suku bangsa dengan budaya yang beraneka ragam di Indonesia.

Kondisi Ekologis
Lingkungan ekologis terbentuk dari struktur tanah,iklim,dan topografi memberikan kontribusi bagi kondisi penduduk,baik dari segi ekonomi,sosial,maupun budaya.Perbedaan ekologis tersebut berpengaruh terhadap kemajemukan budaya lokal Indonesia.Penduduk mengembangkan budaya sesuai dengan kondisi ekologis wilayah yang ditempatinya.Sebagai contoh,terdapat perbedaan bahasa dan adat istiadat antarsuku Gayo-Alas di daerah Pegunungan Gayo-Alas dengan penduduk suku aceh yang tinggal di pesisir pantai Aceh.

Perbedaan Kondisi Geografis
Letak geografis adalah letak suatu wilayah sesuai dengan kndisi wilayah yang sebenranya di permukaan bumi.Letak geografis ditentukan oleh fenomena-fenomena geografis yang membatasinya,seperti sungai,laut,gunung,dan samudera.Oleh karena itu,letak geografis ini sering disebut dengan letak relatif.Maksudnya,batas atau letak suatu wilayah bergantung dari penampakan-penampakan geografis yang membatasinya.

Perbedaan-perbedaan kondisi geografis telah melahirkan berbagai suku bangsa dan keberagaman budaya Indoensia.Hal itu berkaitan dengan pola kegiatan ekonomi.Perwujudan kebudayaan yang ada,contohnya nelayan,pertanian,kehutanan,dan perdagangan.Masyarakat akan mengembangkan corak kebudayaan yang khas dan cocok dengan lingkungan geografis mereka tanpa menganggu kebudayaan yang lainnya.

Keterbukaan terhadap Kebudayaan Luar
Bangsa Indonesia merupakan contoh bangsa yang terbuka.Hal ini dapat dilihat dari besarnya pengaruh asing yang membentuk keberagaman masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.Pengaruh asing pertama yaitu ketika orang-orang India,Arab,dan Cina disusul oleh bangsa Eropa.Bangsa tersebut datang membawa kebudayaan yang beraneka ragam

0 Response to "Faktor Penyebab Keberagaman Bangsa Indonesia"

Catat Ulasan