Tujuan Kerja Sama Bidang Ekonomi

Tujuan Kerja Sama Bidang Ekonomi - Kerja sama ekonomi sangat penting dilakukan oleh setiap negara di dunia,baik negara maju maupun negara berkembang.Dalam rangka memajukan perekonomian dalam negeri,Indonesia memiliki tujuan tersendiri dalam menjalin kerja sama ekonomi dengan negara-negara lain.

Mengirimkan misi dagang ke negara lain merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan dalam kerja sama ekonomi antarnegara.Kerja sama ekonomi antarnegara bertujuan untuk apa saja ? Simak penjelas berikut ini yuk.

Mendorong Produktivitas dalam Negeri
Adanya kegiatan ekspor-impor dari suatu negara ke negara lain menambah jumlah produk yang harus dihasilkan.Hal ini mendorong dunia usaha dalam negeri untuk melakukan penelitian dan pengembangan tekonologi agar produksi dapat terus meningkat.

Memperluas Daerah Pemasaran
Kegiatan ekonomi tidak hanya terjadi dalam batas wilayah antardesa,antarkota,antarprovinsi,atau antarpulau saja,melainkan juga terjadi antarnegara.Adanya kerja sama ekonomi antarnegara menyebabkan daerah pemasaran yang dapat dijangkau makin luas.Suatu negara tidak hanya dapat memasrkan hasil produksinyadi dalam negeri melainkan juga sampai ke negara lain.

Mencukupi Kebutuhan dalam Negeri
Kebutuhan penduduk suatu negara bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.Sementara kemampuan pengadaan produk untuk memenuhi kebtuuhan tersebut makin terbatas.Akibatnya,produk yang diperlukan tidak dapat dihasilkan seluruhnya di dalam negeri,baik karena ketersediaan sumber daya alam yang terbatas atau karena kemampuan teknologi dan kualitas sumber daya manusia yang rendah


Agar kebutuhan penduduk terpenuhi, negara harus mengimpor produkproduk dari negara lain. Misalnya Jepang, negara ini terkenal dengan produk-produknya yang berteknologi canggih seperti mobil dan alat elektronik.Untuk menghasilkan  produk-produk  tersebut,Jepang  sangat  memerlukan bahan baku  alam,  tetapi  bahan  baku  tersebut  tidak  dihasilkan  di negaranya.Oleh karena  itu, Jepang  mengimpor barang-bahan  baku  alam  dari negara-negara lain  seperti  Indonesia.Sebaliknya,Indonesia  membutuhkan produk-produk berteknologi canggih,tetapi  belum  mampu sepenuhnya  menghasilkannya sendiri.Maka,untuk memenuhi  kebutuhan,Indonesia  mengimpor produk-produk tersebut dari Jepang. 

Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi
Kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh negara-negara di dunia memungkinkan terjadinya aliran investasi usaha dari satu negara ke negara lain.Kerja sama ini membuat roda perekonomian berputar lebih cepat sehingga pertumbuhan ekonomi juga makin cepat.Pertumbuhan ekonomi yang baik menyebabkan sebuah negara mampu membuka lapangan kerja yang lebi luas.

Mendukung Terciptanya Ketertiban dan Perdamaian Dunia
Keterlibatan negara-negara di dunia dalam kerja sama ekonomi dapat mempererat persahabatan dan kemitraan antarnegara.Hal ini mendukung terciptanya ketertiban dan perdamaian dunia.

Membebaskan Negara dari Keterbelakangan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi tiap-tiap negara berbeda-beda.Ada yang sudah maju,ada pula yang masih berkembang.Melalui kerja sama ekonomi,suatu negara memiliki kesempatan untuk membangun perekonomiannya.

0 Response to "Tujuan Kerja Sama Bidang Ekonomi"

Catat Ulasan