Tujuan politik luar negeri Indonesia

loading...
Tujuan politik luar negeri Indonesia - Tujuan politik luar negeri setiap negara adalah mengabdi kepada tujuan nasional negara itu sendiri.Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea keempat yang menyatakan "... melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum,mencerdasrkan kehidupan bangsa,dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial ..."


Menurut Drs.Mohammad Hatta,tujuan politik luar negeri Indonesia,yaitu sebagai berikut.

  • meningkatkan perdamaian internasional
  • meningkatkan persaudaraan dengan semua bangsa
  • mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara
  • memperoleh barang-barang yang diperlukan dari luar negeri untuk memperbesar kemakmuran rakyat
Tujuan politik luar negeri tidak terlepas dari hubungan luar negeri.Hubungan luar negeri merupakan hubungan antarbangsa,baik regional maupun internasional,melalui kerja sama bilateral ataupun multilateral yanf ditujukan untuk kepentingan nasional.

Jika memperhatikan kenyataan tersebut maka upaya Indonesia untuk mencapai berbagai kepentignan nasionalnya di tingkat internasional perlu ditopang melalui pengerahan sengenap potensi dan sumber daya yang ada untuk mendukung sepenuhnya pelaksanaan diplomasi atau kerja sama antarnegara.Hal tersebut harus diantisipasi oleh Indonesia melalui kebijakan dan strategi politik luar negeri yang tepat sehingga Indonesia dapat menarik manfaat maksimal dalam hubungan internasional itu.
  1. dalam lingkup nasional,politik luar negeri Indoensia tetap ditujukan untuk menjaga keutuhan wilayah nasional,persatuan bangsa serta stabilitas nasional dalam menghadapi permasalahan di dalam negeri.
  2. dalam lingkup hubungan antardua negara (bilateral),Indonesia berupaya untuk menetapkan dan meningkatkan hubungan bilateral dengan negara-negara sahabat dengan terus mempelajari kemungkinan pembinaan hubungan bilateral dengan negara-negara yang dinilai berpotensi membantu upaya pencapaian kepentignan nasional Indonesia.
  3. dalam lingkup wilayah (regional),Indonesia sangat mendukung pemulihan perekonomian Asia Tenggara dan akan berpartisipasi aktif dalam berbagai langkah ASEAN dan tetap memainkan kepemimpinan di ASEAN serta menjaga kekompakan sesama ASEAN.
  4. dalam lingkup dunia (internasional),Indonesia tetap menaruh harapan besar pada PBB dan tetap meyakini keabsahan institusi ini.PBB merupakan satu-satunya lembaga internasional yang paling mampu dalam mengambil keputusan-keputusan penting yang bersifat mendunia.
Itu tadi artikel mengenai Tujuan politik luar negeri Indonesia,Jangan Lupa berkomentar dan Semoga Bermanfaat !

loading...

0 Response to "Tujuan politik luar negeri Indonesia"

Catat Ulasan