Bantu blog kami

Pola Pengembangan pada Teks Eksplanasi

Pola Pengembangan pada Teks Eksplanasi (Sebab Akibat & Proses) - Teks eksplanasi merupakan teks yang memaparkan suatu proses kejadian dengan sejelas-jelasnya.Teks eksplanasi banyak menggunakan fakta,baik itu untuk menujang alasan ataupun sebab-sebab atas peristiwa yang akan dipaparkan.Luasnya wawasan dan pengetahuan kita berkenaan dengan topik yang akan ditulis juga sangatlah utama.Penulis harus menyiapkan berbagai sumber untuk dapat mengembangkan topik yang dipilihnya secara mendalam.

Supaya lebih menarik,kita pun perlu mengetahui pola-pola pengembangannya.Secara umum,pola-pola pengembangan teks eksplanasi yaitu sebagai berikut.

Pola Pengembangan Sebab Akibat
Pengembangan teks eksplanasi dapat menggunakan pola sebab akibat.Dalam hal ini sebab dapat bertindak sebagai gagasan umum,sedangkan akibat sebagai perincian pengembangannya.Namun demikian,dapat juga terbalik.Akibat dijadikan sebagai gagasan umum,maka perlu dikemukakan sejumlah sebab sebagai perinciannya.

Persoalan sebab akibat sebenarnya sangat dekat hubungannya dengan proses.Jika disusun untuk mencari hubungan antara bagian-bagiannya,proses itu dapat disebut proses kausalitas.


Pola Pengembangan Proses (Kronologis)
Proses merupakan suatu urutan dari tindakan-tindakan atau perbuatan-perbuatan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu atau perurutan dari suatu kejadian atau peristiwa.Untuk menyusun sebuah proses,langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Mengetahui perincian-perincian secara menyeluruh
  2. Membagi proses tersebut menurut tahap-tahap kejadian
  3. Menjelaskan setiap urutan itu ke dalam detail-detail yang tegas sehingga pembaca dapat melihat seluruh proses itu dengan jelas

0 Response to "Pola Pengembangan pada Teks Eksplanasi"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel