Pengertian,Contoh,dan Tujuan Mitigasi

Mitigasi bencana dalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana,baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No.21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana).Mitigasi didefinisikan sebagai upaya yang ditujukan untuk mengurangi dampak dari bencana

Mencakup semua langkah yang diambil untuk mengurangi skala bencana di masa mendatang,baik efek maupun kondisi rentan terhadap bahaya itu sendiri.Oleh karena itu,kegiatan mitigasi lebih difokuskan pada bahaya itu sendiri atau unsur-unsur terkena ancaman tersebut.

Contoh : pembangunan rumah tahan gempa dan pembuatan irigasi air pada daerah yang kekeringan.Dalam konteks bencana,dikenal dua macam yaitu sebgai berikut.


  1. Bencana alam yang merupakan suatu serangakian peristiwa bencana yang disebabkan oleh faktor alam,yaitu berupa gempa,tsunami,gunung meletus,banjir,kekeringan,angin topan,tanah longsor,dan lain-lain.
  2. Bencana sosial merupakan suatu bencana yang diakibatkan oleh manusia,seperti konflik sosial,teror,dan penyakit masyarakat.Mitigasi bencana merupakan langkah yang sangat perlu dilakukan sebagai suatu titik tolak utama dari manajemen bencana.
Ada empat hal penting dalam mitigasi bencana,yaitu sebagai berikut.
  1. Tersedia informasi dan peta kawasan rawan bencana untuk tiap jenis bencana
  2. Sosialisasi untuk menginkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam menhadapi bencana karena bermukim di daerah rawan bencana
  3. Mengetahui apa yang perlu dilakukan dan dihindari serta mengetahui cara penyelamatan diri jika bencana timbul
  4. Pengaturan dan penataan kawasan rawan bencana untuk mengurangi ancaman bencana
Tujuan dari strategi mitigasi adalah mengurangi kerugian-kerugian pada saat terjadinya bahaya di masa mendatang.Tujuan utama adalah mengurangi risiko kematian dan cedera terhadap penduduk.Tujuan-tujuan sekunder mencakup pengurangan kerusakan dan kerugian-kerugian ekonomi yang ditimbulkan terhadap infrastruktur sektor publik serta mengurangi kerugian-kerugian sektor swasta sejauh hal-hal itu mungkin memengaruhi masyarakat secara keseluruhan.

Tujuan tujuan ini mungkin mencakup dorongan bagi orang-orang untuk melindungi diri mereka sejauh mungkin.Strategi mitigasi harus dirancang untuk aplikasi yang diusulkan.

Tujuan utama dari mitigasi bencana adalah sebagai berikut.
  • sebagai landasan (pedoman) untuk perencanaan pembangunan
  • mengurangi risiko/dampak yang ditimbulkan oleh bencana khususnya bagi penduduk,seperti korban jiwa (kematian),kerugian ekonomi,dan kerusakan sumber daya alam
  • meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak/risiko bencana sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman.

0 Response to "Pengertian,Contoh,dan Tujuan Mitigasi"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel