Sejarah Gerakan 3A

Sejarah Gerakan Tiga A (3A) - Untuk mendapatkan dukungan rakyat Indonesia,Jepang membentuk sebuah perkumpulan yang dinamakan Gerakan Tiga A (3A).Perkumpulan ini dibentuk pada tanggal 29 Maret 1942.Sesuai dengan namanya,perkumpulan ini memiliki tiga semboyan,yaitu Nippon Cahaya Asia,Nippon Pelindung Asia,dan Nippon Pemimpin Asia.

Sebagai pemimpin Gerakan Tiga A,bagian propaganda Jepang (Sadenbu) telah menunjuk bekas tokoh Parindra Jawa Barat yakni Mr.Syamsuddin sebagai ketua dibantu beberapa tokoh lain seperti K.Sutan Pamuncak dan Moh.Saleh .

Jepang berusaha agar perkumpulan ini menjadi wadah propaganda yang efektif.Oleh karena itu,di berbagai daerah dibentuk komite-komite.Sejak bulan Mei 1942,perhimpunan itu mulai diperkenalkan kepada masyarakat melalui media massa.Di dalam Gerakan Tiga A juga dibentuk subseksi Islam yang disebut "Persiapan Persatuan Umat Islam".Subseksi Islam dipimpin oleh Abikusno Cokrosuyoso.

Ternyata sekalipun dengan berbagai upaya,Gerakan Tiga A ini kurang mendapat simpati dari rakyat.Gerakan Tiga A hanya berumur beberapa bulan saja.Jepang menilai perhimpunan itu tidak efektif.Bulan Desember 1942 Gerakan Tiga A dinyatakan gagal.Mengapa "Gerakan Tiga A" ini dinyatakan gagal oleh Jepang ya ?? Kira-kira apa nih alasanya ?? bisa kalian cantumkan di kolom komentar :) 

0 Response to "Sejarah Gerakan 3A"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel