Pengertian dan Manfaat Akuntansi

Pengertian Akuntansi
Secara singkat akuntansi dapat diartikan sebagai The Language of Business atau bahasa dunia usaha.Dunia usaha,baik perusahaan perseorangan,perseroan terbatas maupun perusahaan milik pemerintah sangat berkepentingan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam mengalokasikan sumber dana yang dimilinya,untuk itulah dibutuhkan akuntansi.

Menurut Firdaus A (2013),akuntansi dapat diartikan sebagai suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada berbagai pemakai atau pembuat keputusan mengenai aktivitas bisnis dari kesatuan ekonomi (perusahaan atau badan usaha).

Akuntansi menghasilkan informasi yang berguna bagi para pemakai,bagi pihak-pihak internal atau yang mengelola perusahaan dan pihak-pihak luar perusahaan.Kegunaan dari informasi akuntansi bagi pemakai adalah membantu dalam keputusan.Dari definisi diatas dapat pula dinyatakan bahwa akuntansi yaitu bahasa bisnis karena akuntansi berfungsi sebagai media komunikasi dari informasi bisnis.


Manfaat Akuntansi

  1. Akuntansi membantu pelaporan pemakaian sumber daya yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi.Dengan adanya laporan yang dibuat berdasarkan proses akuntansi para investor atau orang yang berkepentingan dengan perusahaan atau organisasi tersebut dapat menganalisis dan menilai bagaimana manajer atau pegawai menggunakan sumber daya tertentu dalam perusahaan atau organisasi.
  2. Akuntansi membantu dalam mengelola dan mengarahkan sumber daya yang ada dalam perusahaan.Dengan informasi akuntansi sebagai landasan,para manajer perusahaan dapat mengendalikan biaya,menetapkan harga dan mengivestasikan sumber daya perusahaan ke bidang yang dianggap paling tepat.
  3. Akuntansi dapat membantu dalam mengalokasikan sumber daya langka yang ada di masyarakat.Sumber daya langka seperti modal dimiliki oleh masyarakat dan mereka ingin sumber daya modal ini dapat ditanamkan kepada bisnis yang menguntungkan.Informasi mengenai bisnis yang menguntungkan tersebut dapat diperoleh dari informasi yang dihasilkan proses akuntansi.Salah satu informasi penting yang dihasilkan akuntansi adalah laporan keuangan.Dengan berbekal laporan keuangan investor dapat membuat keputusan apakah modal yang dimilikinya akan ditanamkan atau tidak.Dengan demikian akuntansi membantu ara pemodal dalam mengambil keputusna ke mana hendak menanamkan sumber daya modal langka yang dimilikinya.

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Akuntansi"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel