Peristiwa Konflik dan Pergolakan yang berkaitan dengan Sistem Pemerintahan

Peristiwa Konflik dan Pergolakan yang berkaitan dengan Sistem Pemerintahan - Termasuk dalam kategori ini adalah persoalan negara federal dan BFO (Bijeenkomst Federal Overleg),serta pemberontakan PRRI dan Permesta.

Masalah yang berhubungan dengan negara federal mulai timbul ketika berdasarkan perjanjian Linggarjati,Indonesia disepakati akan berbentuk negara serikat/federal dengan nama Republik Indonesia Serikat (RIS).RI menjadi bagian RIS.Negara-negara federal lainnya misalnya adalah negara Pasundan,negara Madura atau negara Indonesia Timur.

BFO sendiri adalah badan musyawarah negara-negara federal di luar RI,yang dibentuk oleh Belanda.Awalnya,BFO berada di bawah kendali Belanda.Namun makin lama badan ini makin bertindak netral,tidak lagi melulu memihak Belanda.Pro-kontra tentang negara-negara federal inilah yang kerap juga menimbulkan pertentangan.

Sedangkan pemberontakan PRRI dan Permesta merupakan pemberontakan yang terjadi akibat adanya ketidakpuasan beberapa daerah di wilayah Indonesia terhadap pemerintahan pusat.

Referensi dari Buku Sejarah Indonesia kelas XII.

0 Response to "Peristiwa Konflik dan Pergolakan yang berkaitan dengan Sistem Pemerintahan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel