Pengertian,Contoh Takdir Muallaq dan Mubram - IlmudanInfo

IlmudanInfo

Menyajikan Informasi Pelajaran di Sekolah

Latest Update
Tunggu...

2018/08/01

Pengertian,Contoh Takdir Muallaq dan Mubram

Takdir Muallaq
Takdir muallaq adalah takdir yang erat kaitannya dengan ikhtiar manusia.Misalnya,seorang siswa bercita-cita ingin menjadi Dosen.Untuk mencapai cita-citanya itu,ia belajar dengan tekun.Akhirnya apa yang ia cita-citakan menjadi kenyataan.Ia menjadi Dosen di Universtias ternama.

Dalam hal ini Allah swt. berfirman : "Bagi manusia ada malaikat-malakiat yang selalu mengikutinya bergiliran,di muka dan di belakangnya,mereka menjaganya atas perintah Allah swt. Sesunggunya Allah swt. tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.Dan apabila Allah swt menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum,maka tak ada yang dapat menolaknya,dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia". (QS Ar-Ra'd/13:11).

Takdir Mubram
Takdir mubram adalah takdir yang terjadi pada diri manusia dan tidak dapat diusahakan atau tidak dapat ditawar-tawar lagi oleh manusia.Contohnya,ada orang yang dilahirkan dengan hidung pesek,atau dilahirkan dengan kulit hitam sedangkan ibu dan ayah kulit putih,dan lain sebagainya.


EmoticonEmoticon