Perlukah Android dipasang Antivirus ?

Android tidak memiliki reputasi baik dalam hal keamanan, dan pertanyaan yang sering muncul adalah apakah pengguna rata-rata membutuhkan aplikasi antivirus untuk perangkat Android mereka atau tidak. Dalam artikel ini, kami membahas risiko yang ada di luar sana dan pro dan kontra dari aplikasi antivirus Android.

Kita semua sudah akrab  dengan risiko dan konsekuensi bencana dari virus dan jenis malware lainnya di PC, tetapi sekarang virus juga menargetkan Smartphone. Ancaman sedang meningkat dan terus berkembang.


Sumber : androidpit
Ada beberapa cara berbeda dalam menangkap malware di perangkat Android Anda. Anda mungkin berpikir Play Store akan aman, tetapi Anda akan bijaksana untuk berpikir lagi. Mantan Chief Security Engineer Android Adrian Lugwig menyatakan di masa lalu bahwa dia tidak percaya pengguna Android rata-rata perlu menginstal aplikasi antivirus. Namun, pada tahun 2017 saja, Google menghapus 700.000 aplikasi berbahaya dari Play Store miliknya. Fakta bahwa aplikasi ini membuatnya ke platform di tempat pertama tidak benar-benar menginspirasi kepercayaan diri.

Aplikasi berbahaya dapat menyamar sebagai utilitas berguna atau mereka dapat menjadi peniru aplikasi populer, dengan nama dan ikon yang sama. Ini dapat ditemukan di Play Store atau sebagai APK yang dapat dipasang secara manual di luar Play Store. Anda juga bisa mendapatkan malware dari lampiran email, pesan teks, hacks WhatsApp, penipuan phishing, tautan unduhan samar dan banyak lagi.


Sumber : androidpit
Ada juga berbagai jenis malware yang dapat menginfeksi perangkat seluler, dari sekadar mengganggu AdWare yang hanya menampilkan iklan kepada trojan ransomware yang lebih dahsyat. Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa jenis yang berbeda dari tahun 2016 dan 2017 dan prevalensi mereka. Terlepas dari jenis malware, perangkat lunak berbahaya apa pun yang masuk ke perangkat Anda dapat menimbulkan konsekuensi serius, seperti kehilangan informasi kartu kredit Anda atau kehilangan foto Anda selamanya. Perangkat lunak berbahaya bahkan dapat menyumbat perangkat Anda, membuatnya tidak lagi bermanfaat dan tidak dapat diperbaiki.

Anda mungkin lebih cenderung kehilangan ponsel atau membuatnya terganggu karena kode PIN konyol seperti '1234' daripada Anda terinfeksi malware, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari risiko. Selain menginstal aplikasi antivirus dan menggunakan akal sehat untuk menghindari membuka lampiran dan tautan yang mencurigakan, Anda juga dapat menghindari menginstal aplikasi melalui file APK dari luar Play Store. Memeriksa izin aplikasi Anda selalu merupakan ide yang bagus.


Sumber : androidpit
Pro dan kontra dari aplikasi antivirus Android
Seringkali Anda tidak dapat mengetahui apakah Smartphone Anda terancam, atau jika Anda akan mengunduh sesuatu yang berpotensi berbahaya. Yang lebih buruk lagi adalah, begitu Anda terpengaruh, Anda sering tidak akan mengetahuinya, kecuali tagihan kartu kredit yang luar biasa tinggi masuk atau telepon Anda mulai bertingkah aneh. Selain memasang aplikasi antivirus Android dan menjalankan pemindaian, tidak banyak lagi yang dapat Anda lakukan.

Aplikasi antivirus untuk Android bekerja dengan cara yang mirip dengan perangkat lunak antivirus yang akan Anda temukan di PC Anda. Setelah terinstal, Anda dapat menggunakannya untuk memindai file di ponsel Anda untuk perangkat lunak licik yang mungkin Anda unduh tanpa sengaja, dan aplikasi antivirus akan menyoroti masalah apa pun. Tidak seperti perangkat lunak antivirus berbasis Windows atau Mac, bagaimanapun, aplikasi antivirus Android tidak secara otomatis menghapus perangkat lunak berbahaya untuk Anda - Anda harus melakukan ini secara manual setelah mereka diidentifikasi.


Tidak semua definisi virus adalah yang terbaru dan tidak semua aplikasi antivirus memiliki fitur yang sama. Kabar baiknya adalah bahwa mereka cukup sering memberikan banyak fitur tambahan yang dapat benar-benar bermanfaat, seperti solusi cadangan dan fitur penghapusan jarak jauh. Kami telah membuat daftar rekomendasi kami untuk aplikasi antivirus Android terbaik, yang mempertimbangkan solusi gratis dan berbayar.

Meskipun mereka tidak dapat menggantikan akal sehat, aplikasi antivirus Android dapat mencegah, mendeteksi dan membasmi infeksi malware. Mereka memang memiliki kekurangannya. Jika Anda memilih untuk memasang aplikasi antivirus, ketahuilah bahwa mereka umumnya mengonsumsi banyak baterai, menggunakan ruang disk, mengganggu Anda dengan pemberitahuan dan mengurangi kecepatan pemrosesan. Tentu saja, bagaimana pengaruhnya terhadap sistem Anda bergantung pada cara Anda menggunakannya, tetapi sebagian besar pengguna Android mungkin tidak akan pernah menghadapi ancaman keamanan apa pun atau melihat ada kebutuhan untuk menyumbat sistem mereka dengan aplikasi antivirus, terutama mengingat bahwa Google Play Protect dibangun ke dalam Android dan perlindungan perangkat lunak perusak telah memindai perangkat dan aplikasi Anda. Apakah Anda harus menggunakan aplikasi antivirus atau tidak bergantung pada toleransi risiko Anda.


Apakah Anda memiliki aplikasi antivirus di Android Anda? Pernahkah Anda terpengaruh oleh malware? Bagikan pengalaman Anda di komentar.

0 Response to "Perlukah Android dipasang Antivirus ?"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel