Sejarah Perkembangan IPTEK

Sejarah Perkembangan IPTEK dimulai sejak manusia ada dan terus berkembang mengikuti perkembangan peradaban.Apabila dirunut,perkembangan IPTEK selama ini yang terjadi sebagai berikut.

Zaman Praaksara (4 juta tahun lalu)
Periode zaman praaksara atau ada yang menyebut sebagai zaman purba atau zaman Batu.Ciri ilmu pengetahuan yang dikembangkan adalah kemampuan mengamati,membedakan,memilih,dan melakukan percobaan.Hasil dari periode ini adalah pembuatan alat-alat dari batu yang kemudian disempurnakan dengan munculnya teknologi barang-barang dari logam,yaitu besi dan perunggu.

Zaman Yunani Kuno (600-200 SM)
Terjadi perubahan besar pada cara berpikir umat manusia dan babak dimulainya teknologi.Hal itu diawali dengan ditemukannya berbagai hipotesis atau dalil-dalil,seperti Phytagoras,Archimedes,dan lain-lain.

Zaman Pertengahan (31 SM-628 M)
Zaman ini sering disebut sebagai zaman kegelapan (Dark Age) karena perkembangan ilmu pengetahuan terhenti di Eropa.Pada periode tersebut segala prestasi kemanusiaan yang pernah dicapai Dunia Barat rusak atau hilang.Dunia barat mengalami periode kebuntuan terutama di bidang pemikiran akibat pengaruh negara-negara yang sedemikian besar,dalam arti menindas.

Segala paham atau pemikiran yang menyimpang dari dua lembaga tersebut dilarang,bahkan para pendukungnya yang masih bertahan diburu.Berbagia tuduhan diberikan seperti sesat,murtad,atau bidah.Suasana macam ini jelas tidak memberi kesegaran untuk berpikir.Sebaliknya,perkembangan IPTEK di dunia Islam mulai menonjol.Muncullah beberapa tokoh yang mengawali permulaan peradaban teknologi Islam,seperti Al-Khwarizmi (Aljabar),Al-Kindi (Ahli Filsafat Islam yang pertama),dan Ibnu Sina (Bapak Kedokteran Modern).

Zaman Modern (658 M-Sekarang)
Zaman ini diawali dengan zaman Renaisance,yaitu sebuah periode sejarah yang mencapai titik puncaknya kurang lebih pada tahun 1500.Perkataan "renaisans" berasal dari bahasa Prancis "renaissance",artinya lahir kembali atau kelahiran kembali.Hal yang dimaksudkan biasanya adalah kelahiran kembali budaya klasik terutama budaya Yunani Kuno dan budaya Romawi Kuno.

Namun,zaman sekarang hal ini bisa menyangkut segala hal.Masa renaisasnce ditandai oleh kehidupan yang cemerlang di bidang seni,pemikiran,ataupun kesusastraan yang mengeluarkan Eropa dair kegelapan intelektual abad Pertengahan.Universtias tumbuh menjamur di seluruh Eropa dan penyebaran Gagasan tiba-tiba muncul serempak.Renaisans telah memberikan sumbangan besar bagi bangsa Eropa menuju masyarakat yang modern.

0 Response to "Sejarah Perkembangan IPTEK"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel