Dampak Peran Indonesia terhadap Politik dan Ekonomi Global


Dampak Peran Indonesia terhadap Politik dan Ekonomi Global - Situasi Perang Dingin dengan terjadinya ketegangan anatara Blok Timur yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Barat yang dipimpin oleh Uni Soviet,menuntut Indonesia menyikapi situasi yang ada.Garis kebijakan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif, mendorong Indonesia untuk bersikap netral dengan tidak memihak salah satu blok yang ada.

Namun, Indonesia juga turut berperan aktif dalam menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian dunia, baik di kawasan ASEAN maupun dunia.Sebagai negara berkembang Indonesia juga turut berperan aktif dalam menghidupkan dialog konstruktif utara-selatan berdasarkan saling ketergantungan yang setaraf, kesamaan kepentingan, serta tanggung jawab bersama.Selain itu, Indonesia juga secara konsisten menyuarakan hak-hak rakyat Palestina, termasuk berdirinya negara Palestina yang merdeka.

Organisasi Internasional, baik yang bersifat regional mauapun global, seperti SEAN dan GNB adalah wadah bagi bangsa Indonesia dalam mengimplementasikan politik luar negerinya yang bebas dan aktif.Dalam organisasi-organisasi tersebut Indonesia berperan aktif dalam turut menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian dunia dan juga berpaya mewujudkan kerjasama ekonomi antarnegara berkeadilan.

Dampak Peran Indonesia terhadap Politik dan Ekonomi Global melalui kebijakan luar negerinya antara lain sebagai berikut.

1. Terjaganya stabilitas keamanan serta perdamaian di ASEAN
Kawasan Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan strategis di belahan dunia.Kawasan ini pun tidak luput dair incaran kekuatan-kekuatan besar untuk menanamkan pengaruh dan dominasinya.Stabilitas politik kawasan menjadi kebutuhan mutlak bagi negara-negara SEAN dalam melanjutkan pembangunannya.Oleh karena itu,Indonesia berperan aktif dalam upaya penyelesaian permasalahan konflik di antara negara-negara ASEAN.Selain itu,Indonesia juga turut mendukung lahirnya SEANWFZ (Souteast Asia Nuclear Weapon Free Zone) yang merupakan kesepakatan Indonesia untuk mengamankan kawasan Asia Tenggara dari penggunaan senjata nuklir.

2. Turut merdekana ketegangan antara blok Barat dan blok Timur dengan GNB
Pembentukan GNB dipelopori oleh Indonesia bersama negara-negara yang cinta damai dan ingin berperan aktif dalam mencari solusi terbaik dalam rangka menciptakan perdamaian dan keamanan dunia.

3. Tergalangnya dukungan terhadap Perjuangan Rakyat Palestina
Indonesia merupakan salah satu negara yang secara konsisten menyuarakan dukungannya terhadap hak-hak rakyat Palestina dan perjuangannya untuk merdeka.Indonesia pun kerap berperan aktif dalam enggalang dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina terutama dengan negara-negara anggota OKI.

4. Meningkatnya daya tawar negara-negara berkembang atas negara maju dalam hubungan ekonomi
Indoensia memiliki andil besar dalam menghidupkan kembali dialog konstruktif Utara-Selatan berdasarkan saling ketergantungan yang setaraf, kesamaan kepentingan serta tanggung jawab bersama. Memperkuat gerakan selatan-selatan berdasarkan prinsip self reliance.Sebagai tidnak lanjutnya indonesia dan Brunei Darussalam dalam mendrikan Pusat Kerja Sama Teknik Selatan-Selatan.

0 Response to "Dampak Peran Indonesia terhadap Politik dan Ekonomi Global"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel