Manfaat Hukum Waris Islam - IlmudanInfo

IlmudanInfo

Menyajikan Informasi Pelajaran di Sekolah

Latest Update
Tunggu...

2018/11/13

Manfaat Hukum Waris Islam

Meyakini bahwa hukum waris merupakan ketetapan Allah Swt. yang paling lengkap dijelaskan oleh Al-Quran dan hadis Nabi.Hukum untuk mempelajari ilmu waris adalah fardu kifayah, karena itu setiap muslim harus ada yang mempelajarinya.Hukum waris islam ini memberi jalan keluar yang adil untuk semua ahli waris.Berikut ini,manfaat hukum waris islam yang dapat anda rasakan,sebagai berikut.


1. Terciptanya ketentraman hidup dan suasana kekeluargaan yang harmonis. Syariah adalah sumber hukum tertinggi yang harus ditaati.Orang yang paling durhaka adalah orang yang tidak mematuhi / menaati hukum syariah.Syariah itu sendiri diturunkan untuk kebaikan umat islam dan memberi jalan keluar yang paling sesuai dengan karakter dan watak dari masing-masing manusia.Syariah menjadi hukum tertinggi yang harus ditaati, dan diterima dengan ikhlas.

2. Menciptakan keadilan dan mencegah konflik pertikaian. Keadilan yang telah diterapkan, mencegah munculnya berbagai konflik dalam keluarga yang telah dapat berujung pada tragedi pertumpahan darah. Meski dalam praktiknya, selalu saja muncul pertentangan yang berumbse dari akal pikiran.

3. Peduli kepada Orang lain sebagai Cerminan Pelaksanaan ketentuan Waris dalam Islam. Melaksanakan sepuluh asas dalam hukum waris Islam yaitu ; Asas integrity/ketulusan,Asas ta'abbudi/penghambaan diri,Asas Huququl Maliyah/hak-hak kebendaan,Asas Huququn Thabi'iyah/hak-hak dasar,Asas ijibari/keharusan,kewajiban,Asas bilateral,Asas individual,Asas keadilan yang berimbang,Asas kematian,dan Asas membagi habis harta warisan.Akan menumbuhkan kepedulian kepada orang lain sebagai cerminan pelaksanaan ketentuan waris dalam Islam.


EmoticonEmoticon