Pengertian,Tujuan,dan Akun Jurnal Penutup - IlmudanInfo

IlmudanInfo

Menyajikan Informasi Pelajaran di Sekolah

Latest Update
Tunggu...

2018/11/14

Pengertian,Tujuan,dan Akun Jurnal Penutup

Pengertian,Tujuan,dan Akun Jurnal Penutup - Jurnal penutup berfungsi untuk menutup saldo saldo akun sementara agar saldo saldo tersebut tidak dibawa ke periode akuntansi berikutnya.Itulah sebabnya tujuan jurnal penutup adalah untuk me-nol-kan saldo-saldo akun sementara.

Akun-akun sementara yang ditutup sementara adalah pendapatan,beban,ikhitas laba rugi dan pengambilan pribadi pemilik (prive).Dengan demikian setelah dilakukan jurnal penutup maka posisi keuangan perusahaan menjadi sama sesuai dengan prinsip persamaan dasar akuntansi,yaitu Aset = Liabilitas + Ekuitas.


Akun yang memerlukan Jurnal Penutup

1. Menutup Akun Pendapatan
Akun pendapatan ditutup dengan cara mendebit akun-akun pendapatan dan mengkredit akun ikhtisar laba rugi.Sumber pencatatan adalah kolom laba rugi sisi kredit.

2. Menutup Akun Beban
Akun beban ditutup dengan cara mendebit akun ikhtisar laba rugi dan mengkredit akun-akun beban.Sumber data adalah kolom laba rugi sisi debit.

3. Pengambilan Pribadi Pemilik (Prive)
Akun pengambilan pribadi pemilik ditutup dengan cara mendebit akun modal dan mengkredit akun prive.Sumber pencatatan adalah kolom neraca sisi debit.

4. Ikhtisar Laba Rugi
Terdapat dua kemungkinan dalam menutup akun ikhtisar laba rugi, karena perusahaan mungkin memperoleh laba dan bisa pula menderita rugi. Jika perusahaan memperoleh laba, akun ikhtisar laba rugi ditutup dengan cara mendebit akun laba rugi dan mengkredit akun modal. Jika rugi, akun ikhtisar laba rugi ditutup dengan cara mendebit akun modal dan mengkredit akun ikhtisar laba rugi. Sumber pencatatan adalah sisi debit dan sisi kredit kolom laba rugi.


EmoticonEmoticon