Upaya Indonesia untuk Mengambil Manfaat dari Posisinya yang Strategis secara Optimal - IlmudanInfo

IlmudanInfo

Menyajikan Informasi Pelajaran di Sekolah

Latest Update
Tunggu...

2016/03/25

Upaya Indonesia untuk Mengambil Manfaat dari Posisinya yang Strategis secara Optimal


Posisi Indonesia sangat strategis sehingga banyak dilalui pelayaran internasional.Posisi yang strategis ini memungkinkan bangsa Indoesia berhubungan dengan berbagai negara atau bangsa lainnya di dunia.Namun sayangnya.saat ini Indonesia belum memperoleh keuntungan ekonomi dari lalu lintas pelayaran tersebut karena aktivitas kapal seperti alih muat,pencucian kapal,pengisian mnyak,lebih banyak terjadi di Singapura dan malaysia yang lebih siap menerima mereka.

Secara geolois,Indonesia memiliki keuntungan berupa potensi bahan tambang yang beraneka ragam.Berbagai jenis sumber energi dan mineral tersedia diIndonesia karena bahan tambang tersebut ada pada wilayah seperti Indonesia.Indonesia telah memanfaatkan sebagian besar potensi tersebut dengan melakukan eksploitasi.Hasil eksploitasi tersebut menambah devisa negara untuk kepentingan pembangunan.


Berbagai upaya semestinya dilakukan Indonesia untuk mengambil manfaat dai posisinya yang stragtegis secara optimal,diantarannya seperti berikut.


1.Meningkatkan konektivitas nasional dengan menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia,sehingga dapat mengekspor hasil SDA tanpa hambatan transportasi dan komunikasi.

2.Memanfaatkan potensi SDA dengan mengmbangkan dan menggunakan teknologi,sehingga memiliki nilai tambah bagi Indonesia.

3.Meningkatkan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengolah sumber daya alam dan menghasilkan berbagai produk industri yang dapat diterima pasar internasional

4.Menyiapkan inftastruktur perhubungan seperti pelabuhan dan bandara,serta kebijakan untuk kelancaran pemasaran.

5.Menjalin kerja sama dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara maupun kawasan lainya untuk mengelola lalu lintas pelayaran,sehingga memberi keuntungan dalam pengembangan dan pembangunan kawasan.

6.Meningkatkan kualisan SDM dalam mengelola sarana dan prasarana perhubungan,sehingga memenuhi standar pelayanan.





EmoticonEmoticon