Manfaat Ilmu Sosial untuk Sejarah - IlmudanInfo

IlmudanInfo

Menyajikan Informasi Pelajaran di Sekolah

Latest Update
Tunggu...

2016/08/12

Manfaat Ilmu Sosial untuk Sejarah


    Ilmu sejarah tidak pernah berhenti.Ilmu sejarah berkembang terus-menerus seiring dengan pertumbuhan pengetahuan manusia.Kini bahkan muncul apa yang disebut sebagai "Sejarah Baru" sebagai akibat dari pengaruh ilmu-ilmu sosial."Sejarah Baru" digunakan untuk membedakan dengan "Sejarah Lama" yang belum dipengaruhi ilmu-ilmu sosial.
    Maknanya,kehadiran ilmu sosial memiliki manfaat yang besar terhadap ilmu sejarah.Dipandang dari sisi manfaat,terdapat 4 hal yang menunjukkan pengaruh ilmu-ilmu sosial terhadap sejarah,yakni dalam hal konsep,teori,permasalahan,dan pendekatan.

1) Konsep
    Konsep bermakna gagasan atau ide.Konsep-konsep yang dipunyai ilmu-imlu sosial mulai banyak digunakan kalangan sejarawan.Konsep itu memiliki manfaat,yakni memperkaya pandangan sejarawan dan menganalisis suatu masalah.Konsep-konsep ilmu sosial itu biasanya digunakan untuk membantu menjelaskan peristiwa yang bersifat khas,seperti perang,dan konflik politik.

2) Teori
    Teori bermakna kaidah yang mendasari suatu gejala dalam masyarakat.Teori telah membuktikan melalui sebuah usaha verifikasi.Ilmu sejarah banyak menggunakan teori-teori yang dimiliki ilmu sosial.Teori kelas dari Karl Marx merupakan salah satu contoh teori dalam Ilmu sosial yang sering digunakan ilmuwan sejarah.

3) Permasalahan
    Ilmu-ilmu sosial banyak mengkaji permasalah yang muncul dan tumbuh dalam masyarakat.Seperti ilmu sosial,sejarah juga tidak berbeda jauh,meski permasalahan itu adalah peristiwa yang terjadi di masa lampau.Banyak sekali permasalahan yang terdapat dalam ilmu-ilmu sosial diangkat menjadi topik dalam penelitian sejarah.

4) Pendekatan 
    Tidak sedikit penelitian sejarah yang menggunakan pendekatan ilmu-ilmu sosial dalam kerjanya.Hal ini bisa terlihat dari hasil tulisan dalam sejarah yang sarat dengan penggunaan pendekatan yang bisa digunakan dalam ilmu sosial,seperti pendekatan budaya,pendekatan politik,pendekatan ekonomi,pendekatan hukum,pendekatan agama,dan pendekatan pendidikan.





Diambil dari Buku Sejarah Kelas X


EmoticonEmoticon