Merkantilisme di Jerman dan Prancis - IlmudanInfo

IlmudanInfo

Menyajikan Informasi Pelajaran di Sekolah

Latest Update
Tunggu...

2017/09/09

Merkantilisme di Jerman dan Prancis

    Merkantilisme di Jerman 

Frederick Wilhem I
    Merkantilisme di Jerman dilaksanakan pada masa pemerintahan Frederick Wilhem I (1713-1740) dan pada masa pemerintahan Frederick Agung dari Prusia yang memerintah pada tahun 1740-1786.Merkantilisme di Jerman disebut Kameralisme.Dalam bahasa Jerman Camera artinya tempat menyimpan uang atau peti uang raja.
    
    Dengan Kameralisme dilakukan pemungutan pajak untuk mengembangkan perekonomian.Juga dibentuk perusahaan dagang untuk wilayah Guinea (Afrika),tetapi tidak banyak memberikan hasil.Di negara Brandenburg - Prusia,merkantilisme berhasil dengan baik.Akan tetapi,hasil itu banyak dipergunakan raja untuk mengembangkan kekuatan militernya.Hal ini dimaksudkan agar "Perang 30 tahun" yang sangat merugikan Jerman tidak akan terulang lagi.

   Merkantilisme di Prancis

    Merkantilisme di Prancis dimulai pada masa pemerintahan raja Louis XI.Oleh karena itu Prancis pada abad ke 17-18 berkembang menjadi negara yang besar dan menggantikan kedudukan Spanyol yang mulai surut.

    Puncak kejayaan merkantilisme di Prancis dimpimpin oleh menteri keuangan Jean Colbert.Oleh karena itu,merkantilisme Prancis dikenal dengna sebutan Colbertisme (diambil dari nama belakang Jean Colbert).Ia berhasil menjadikan Prancis menjadi negara yang kuat pada masa pemerintahan Louis XIV (1661-1715).Lalu Langkah-langkah apa saja yang dilakukan Jean Colbert dalam membangun merkantilisme di Prancis ? antara lain sebagai berikut.
Raja Louis XI

  • Melindungi produksi dalam negeri dengan melarang impor barang yang dapat dihasilkan atau mengenakan pajak impor yang tinggi bagi barang-barang tersebut
  • Upah buruh diupayakan serendah mungkin sehingga harga barang-barang produksi menjadi murah
  • Menghapuskan daerah-daerah bea cukai dalam negeri sehingga peredaran barang lebih lancar dan harganya lebih murah
  • Memperbanyak industri sehingga dapat mencukupi keperluan dalam negeri dan dapat mengekspor
    Para kaum fisiokrat menentang merkantilisme karena cara-cara diatas dianggap tidak alamiah,menimbulkan kesengsaraan rakyat kecil dan hanya menguntungkan pengusaha kaya.Mereka berpendapat bahwa cara-cara alamiah dalam upaya meningkatkan kemakmuran adalah harus dikembangkannya dan diusahakan secara bebas.Seperti semboyan mereka : Laissez faire,laissez passer.


EmoticonEmoticon