3 Macam Angka Indeks Harga - IlmudanInfo

IlmudanInfo

Menyajikan Informasi Pelajaran di Sekolah

Latest Update
Tunggu...

2018/01/11

3 Macam Angka Indeks Harga

    3 Macam Angka Indeks Harga - Angka Indeks merupakan suatu ukuran statistik yang menunjukkan perubahan suatu variabel atau sekumpulan variabel yang berhubungan satu sama lain.Angka indeks adalah angka relatif yang dinyatakan dalam presentase.Biasanya untuk penyederhanaan,bentuk presentase bisa dihilangkan.Indeks harga juga merupakan suatu ukuran yang dapat menggambarkan perubahan dalam satu set harga yang terdiri dari data seri berurutan sehingga dapat dilakukan perbandingan nilai antardua periode atau tempat yang akan menunjukkan perubahan dalam harga antarperiode atau perbedaan dalam harga antartempat dalam satuan waktu tertentu.

    Indeks Harga merupakan perbandingan perubahan harga dari satu periode ke periode berikutnya dalam suatu kurun waktu atau range waktu tertentu sehingga perubahan harga tersebut dapat dianalisis apakah naik atau turun dari periode sebelumnya.


    Dalam bidang ekonomi pada dasarnya terdapat tiga macam angka indeks,yaitu sebagai berikut.

 1. Angka Indeks Harga (Price Relative)
  Indeks harga yaitu angka yang menunjukkan perubahan mengenai harga untuk satu macam barang dalam waktu dan tempat yang sama atau bulanan.

 2. Angka Indeks Jumlah (Quantity Relative)
  Indeks jumlah yaitu angka yang menunjukkan perubahan mengenai jumlah barang yang sejenis atau sekumpulan barang yang dihasilkan,digunakan,diekspor,dijual,dan lainnya untuk waktu dan tempat yang sama atupun berlainan.

 3. Angka Indeks Nilai (Value Relative)
  Indeks nilai yaitu angka yang dapat dipergunakan untuk mengetahui nilai barang yang sejenis atau sekumpulan barang dalam jangka waktu yang diketahui.

    Itu tadi artikel mengenai 3 Macam Angka Indeks Harga,Semoga bermanfaat.Jika ada yang ditanyakan bisa Anda cantumkan di kolom komentar.


EmoticonEmoticon