Contoh Pemberdayaan Komunitas oleh Organisasi Masyarakat

Pendidikan merupakan sarana strategis untuk meingkatkan kualitas suatu bangsa. Namun pada kenyataanya, sistem pendidikan Indonesia belum menunjukkan keberhasilan yang diharapkan. Tak semua rakyat Indonesia bisai mengenyam pendidikan yang berkualitas. Atas dasar inilah di Indonesia muncul beberap aaksi pemberdayaan komunitas yang mendidik Indonesia. Berikut ini contoh nyata aksi pemberdayaan komunitas oleh organisasi masyarakat.

contoh pemberdayaan komunitas


Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalijaya, Cikarang Barat, Bekasi 

Lions Jakarta Monas, memprakarsai membentuk model pemberdayaan komunitas di Desa Kalijaya, Cikarang, Bekasi Barat. Mereka melakukan survei, sosialisai program, dan selanjutnya tanpa memakan waktu yang lama melakukan implementasi program. Lima pilar utama pemberdayaan komunitas yang dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Pembinaan iman, takwa, dan budi pekerti
  2. Pendidikan anak usia dini
  3. Sanitasi dan kesehatan masyarakat
  4. Usaha ekonomi produktif bagi kaum perempuan
  5. Pembinaan remaja/karang taruna
Perencanaan program ini dibarengi dengan peresmian pemakaian tempat mandi, cuci, dan kakus (MCK) masyarakat. Menggunakan MCK dan penggunaan air bersih adalah awal dimulainya pemberian motvasi untuk memelihara kesehatan dengan mencegah timbulnya penyakit.

Langkah selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi anak balita, ibu hamil, dan lansia. Apabila ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan rujukan, maka Lions Club akan membantu memfasilitasinya. Contohnya, operasi katarak maupun operasi bibir sumbing (secara gratis).

Sebulan kemudian akan dimulai pembangunan sarana dan prasarana Taman Balita Sejahtera (TBS). Jumlah anak balita yang mencapai kurang lebih 150 anak akan mendapatkan pelayanan permainan edukatif, pemberian makanan tambahan, sosialisasi, dan penanaman budi pekerti.

Bulan berikutnya, dimulailah pelatihan bagi ibu-ibu sesuai bakat, minat, dan kemampuan untuk membentuk kelompok usaha. Program pemberdayaan dilakukan dalam waktu 10 tahun, dengan tahapan program yang jelas dan pencapaian program yang selalu termonitor.

Dalam rangka menjalin kemitraan dengan berbagai pihak Lions Club Jakarta Monas mengajak masyarakat luas dan Instansi untuk dapat membantu sebagai donatur ataupun sebagai pekerja sosial dan relawan. Dalam kaitan ini Kementrian Sosial akan membantu biaya operasional Taman Balita Sejahtera, sedangkan Yayasan Dharmais akan membantu dalam pengembangan masyarakat.

Demikian artikel mengenai Contoh Pemberdayaan Komunitas oleh Organisasi Masyarakat. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas.

Comments