Mobilitas Sosial adalah: Pengertian, Bentuk dan Contoh

mobilitas sosial

Mobilitas sosial adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan strata anggotanya ke strata lainnya.

Bentuk bentuk mobilitas sosial adalah sebagai berikut.

1. Mobilitas sosial horizontal merupakan perubahan atau pergeseran individu atau objek sosial lainnya dari suatu strata ke strata yang sederajat. Contohnya, seseorang berkewarganegaraan Indonesia pindah kewarganegaraan Thailand karena menikah dengan warga negara Thailand.

2. Mobilitas sosial vertikal merupakan perubahan atau pergeseran individu atau objek sosial lainnya dari suatu strata ke strata yang tidak sederajat. Terdapat dua macam mobilitas sosial secara vertikal. Pertama, mengarah ke atas (social climbing) artinya naiknya strata individu ke strata yang lebih tinggi dengan diikuti kenaikan status sosial. Contohnya, seorang guru diangkat menjadi kepala sekolah sehingga status sosialnya ikut naik. Kedua, mengarah ke bawah (social sinking) yakni menurunnya strata individu ke strata yang lebih rendah dengan diikuti penurunan status sosial. Contohnya, seorang perwira militer diturunkan pangkatnya menjadi bintara karena perilaku indisipliner. Secara otomatis statusnya sebagai seorang perwira turun menjadi tentara biasa.

3. Mobilitas antargenerasi adalah mobilitas dua generasi atau lebih, yang ditandai dengan perkembangan taraf hidup, baik naik atau turun, dalam suatu generasi. Atau dengan kata lain, perubahan taraf hidup antara generasi yang satu terhadap generasi lainnya. Contohnya, seorang tukang becak mampu menyekolahkan anaknya sampai perguruan tinggi sehingga anaknya dapat bekerja di perusahaan dengan standar gaji yang layak.

4. Mobilitas intragenerasi adalah peralihan mobilitas yang terjadi pada individu atau sekelompok orang dalam satu generasi. Contohnya, seorang kakak beradik sama-sama berpforesi sebagai buruh tani. Karena sang adik lebih tekun dan rajin bekerja, dia mampu membeli tanah garapan dan menjadi tuan tanah. Perubahan dan perbedaan status sosial antara kakak dan adik disebut sebagai mobilitas intragenerasi.

5. Mobilitas geografis adalah perpindahan individu atau kelompok dari satu tempat ke tempat lain seperti transmigrasi, urbanisasi, dan migrasi.

Comments