Pengertian, Bentuk, Ciri, Fungsi Struktur Sosial


Struktur Sosial - Struktur berasal dari bahasa latin, structum yang artinya bangunan atau susunan. Berikut pengertian struktur sosial dari beberapa ahli sosiologi.

  • Menurut Soerjono Soekanto, struktur sosial adalah hubungan timbal balik antara status atau posisi sosial dengan peran sosial
  • Menurut Abdul Syani, struktur sosial adalah susunan tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat karena adanya hubungan sosia antar individu.
  • Menurut Talcott Parson, struktur sosial adalah ketertarikan dan keterkaitan hubungan antar manusia dan antar kelompok sosial.
  • Menurut William Kornblum, struktur sosial adalah susunan atau tatanan sosial yang tibmul karena adanya pengulangan perilaku individu

Struktur Sosial

Bentuk-bentuk Struktur Sosial

Bentuk struktur sosial menurut Peter M.Blau adalah sebagai berikut.
  • Intersected social structure (interaksi/menyilang), yaitu persilangan atau pertemuan keanggotaan dalam suatu kelompok sosial yang memiliki latar belakang suku, agama, ras, dan aliran yang berbeda-beda.
  • Consolidated social structure (konsolidasi/penguatan), yaitu struktur sosial yang terbentuk akibat dari penguatan identitas keanggotaan dalam sebuah kelompok sosial. Tumpang tindihnya parameter/tolak ukur sosial menyebabkan identitas kelompok sehingga berkembang menjadi wadah bagi individu-individu yang memiliki latar belakang suku, agama, ras, dan aliran yang sama.

Ciri-ciri Struktur Sosial

Secara umum, struktur sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut.


a. Bersifat Abstrak


Struktur sosial bersifat abstrak, artinya tidak dapat dilihat dan tidak dapat diraba.


b. Terdapat Dimensi Vertikal Dan Horizontal

Struktur sosial pada dimensi vertikal adalah hierarki status sosial dengan segala peranannya sehingga menjadi satu sistem yang tidak dapat dipisahkan dari struktur status yang tertinggi hingga struktur yang terendah. Contohnya, dalam sebuah desa/kelurahan terdapat struktur pemerintahan yang berisi kepala desa, carik, para kepala dusun, dan lain-lain hingga ketua-ketua RW dan ketua RT. Sedangkan pada struktur sosial yang terjadi dalam struktur sosial dimensi horizontal, seluruh masyarakat berdasarkan karakteristiknya terbagi-bagi dalam kelompok sosial yang memiliki karakteristik sama. Misalnya suku bangsa, ras, agama, serta gender.

c. Sebagai Landasan Sebuah Proses Sosial Suatu Bangsa

Cepat lambatnya proses sosial suatu masyarakat dipengaruhi oleh bagaimana bentuk struktur sosialnya.

d. Merupakan Bagian dari Sistem Pengaturan Tata Kelakuan dan Pola Hubungan Masyarakat

Struktur sosial yang dimiliki suatu masyarakat berfungsi untuk mengatur berbagai bentuk hubungan antar individu di dalam masyarakat tersebut.

e. Struktur  Sosial Selalu Berkembang dan Dapat Berubah

Struktur sosial merupakan tahapan perubahan dan perkembangan masyarakat.

Fungsi Struktur Sosial

Struktur Sosial memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Fungsi Identitas 

Setiap kebudayaan memiliki struktur sosialnya masing-masing. Strukrtur sosial berbagai sebagai penegas identitas yang dimiliki oleh sebuah kelompok. Kelompok yang anggotanya memlii kesamaan dalam latar belakang ras, sosial, dan budaya akan mengembangkan struktur soasialnya sendiri sebagai pembeda dari kelopok lainnya. 

Contohnya, kebuaayaaan Minangkabau menganut system matrilinial (kekerabatan berdasarkan garis keturunan ibu). Ini berbeda dengan system kebudayaan lainnya yang mayoritas menganut patrilineal. Perbedaan semacam ini akn membangun struktur sosial yang berbeda pula dengan kebudayaan lainnya. 

2. Fungsi Kontrol 

Struktur bisa berfungsi untuk mengontrol individu yang berada di ddalam struktur tersebut. Dalam kehidupan bermasyarakat, selalu muncul kcenderungan dalam diri individu untuk melanggar norma, nilai, atau peraturan lain. Melanggar aturan yang berlaku, berpotensi untuk menimbulkan konsekuensi yang pahit. Struktur sosial sebagai kontrol. Contoh: kebudayaan Batak melarang perkawinan antara pria dan wanita yang semarga. Orang Batak yang memiliki marga yang sama berarti masih memiliki hubungan saudara. 

3. Fungsi Pembelajaran 

Individu belajar dari struktur social yang ada dalam kelompoknya, mulai dari sikap, kebiasaan, kepercayaan dan kedisiplinan.

Demikian artikel mengenai Pengertian, Bentuk, Ciri, Fungsi Struktur Sosial. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas.

Referensi : 
http://zonangelmu.blogspot.com/2013/03/fungsi-struktur-sosial.html
http://bayuzamora.blogspot.com/2013/01/ciri-ciri-struktur-sosial.html

Comments