Definisi Kelompok Sosial menurut para ahli

Definisi Kelompok Sosial menurut para ahli - Secara naluriah, manusia adalah makhluk yang harus hidup dengan orang lain. Selain itu, dengan hidup bersama orang lain, manusia dapat memenuhi kebutuhannya. Hal inilah yang mendorong manusia untuk menjadi satu dengan orang lain dan lingkungan sekitar sehingga manusia akan membentuk kelompok masyarakat yang disebut sebagai kelompok social (social group). Dengan kata lain, kelompok sosial adalah bentuk keterikatan dan ketergantungan manusia dengan oran lain dan lingkungannya.

Lalu bagaimana definisi kelompok sosial menurut para ahli ? Berikut ini definisi kelompok sosial menurut para ahli : 

1. Menurut Roland L. Warren, kelompok sosial adalah sejumlah manusia yang saling berinteraksi dengan pola interaksi yang dipahami seluruh anggotanya.

2. Menurut Paul B. Horton, kelompok sosial adalah sekumpulan manusia secara fisik. Contohnya, sekelompok orang yang sedang menonton film di bioskop.

3. Menurut Mayor Polak, kelompok sosial adalah sejumlah manusia yang saling berhubungan dalam suatu struktur sosial.

4. Menurut Wila Huky, kelompok sosial adalah suatu unit sosial yang terdiri lebih dari dua orang saling berkomunikasi dan membangun interaksi

5. Menurut Robert K. Merton, kelompok sosial adalah sekumpulan orang yang saling berinteraksi dengan pola interaksi yang sudah mapan

6. Menurut Mac Iver & Charles H.Page, kelompok sosial adalah kesatuan manusia yang hidup bersama untuk saling menolong.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kelompok sosial adalah sekumpulan manusia yang membentuk kesatuan hidup bersama, saling berinteraksi dan berhubungan sehingga melahirkan rasa kebersamaan, kesatuan, dan saling memiliki.

Comments