Metodologi Ilmu Ekonomi

Metodologi Ilmu Ekonomi ada 6 macam yaitu teori ekonomi, model ekonomi, metode induktif, metode deduktif, ceteris paribus, dan fallacy of composition. Berikut ini penjelasannya.

Teori Ekonomi
Teori ekonomi adalah pernyataan atau sekumpulan pernyataan tentang sebab-akibat, aksi-reaksi dari gejala ekonomi. 
Contoh : teori permintaan menyatakan bahwa harga naik maka permintaan turun

Model Ekonomi
Model ekonomi adalah sebuah pernyataan formal dari teori ekonomi yang biasanya dipresentasikan dalam kata-kata, diagram, gambar, dan matematis.
Contoh : Model siklus lingkaran kegiatan ekonomi. model ekonomi merupakan penyederhanaan realitas ekonomi

Metode Induktif
Metode induktif yaitu cara berpikir yang berpangkal pada kenyataan atau fakta khusus kemudian berusaha menarik sebuah kesimpulan umum.
Contoh : harga emas naik maka permintaanya malah naik, begitupula harga berlian. Maka dapat disimpulkan bahwa barang mewah memiliki kurva permintaan dengan kemiringan positif.

Metode Deduktif
Metode deduktif yaitu cara berpikir yang berpangkal kepada pengetahuan atau prinsip yang bersifat umum lalu diterapkan pada hal yang khusus.
Contoh : Jika harga barang naik maka permintaan turun. Hal ini diterapkan pada cabe. Jika harga cabe, jika harga cabe naik maka permintaan akan turun.

Ceteris Paribus
Faktor-faktor lain dianggap tetap.
Contoh : Jika harga tiket kereta api naik maka permintaan tiket kereta api turun dengan asumsi harga tiket bus tidak berubah.

Fallacy of Composition
Apa yang baik dalam skala kecil, belum tentu baik dalam skala besar.
Contoh : Hidup hemat baik bagi individu, tetapi secara makroekonomi jika seluruh indiidu hidup hemat akan menurunkan pertumbuhan ekonomi.

Demikian artikel mengenai Metodologi Ilmu Ekonomi. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan Salam Literasi!

Comments