Konsep-Konsep Pendapatan Nasional


Konsep-Konsep Pendapatan Nasional terdiri dari Produk domestik bruto, produk nasional bruto, produk nasional neto, pendapatan nasional neto, pendapatan perorangan, pendapatan disposabel, dan produk domestik regional bruto. Mari simak penjelasan berikut ini.

Produk domestik bruto (gross domestic product/GDP) adalah total nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh suatu perekonomian dalam suatu wilayah negara pada periode tertentu, yang dihitung berdasarkan nilai pasar.

Produk nasional bruto (gross national product/GNP) adalah produk domestik bruto ditambah pendapatan neto terhadap luar negeri.

Produk nasional neto (net national product/NNP) adalah pendapatan yang diperoleh dari produk nasional bruto dikurangi penyusutan dan barang pengganti modal.

Pendapatan nasional neto (net national income/NNI) adalah pendapatan yang diperoleh dari Produk Nasional Neto dikurangi pajak tidak langsung ditambah subsidi.

Pendapatan Perorangan (personal income/PI) adalah jumlah seluruh pendapatan yang benar-benar sampai ke tangan masyarakat. Tidak semua pendapatan sampai ke tangan masyarakat karena dikurangi laba, iuran asuransi, iuran jaminan sosial, pajak perseroan, dan ditambah pembayaran transfer (transfer payment).

Pendapatan disposabel/pendapatan setelah pajak (disposable income) adalah pendapatan perorangan setelah dikurangi pajak penghasilan.

Produk domestik regional bruto (PDRB) adalah jumlah total dari nilai tambah bruto yang berhasil diciptakan oleh seluruh kegiatan ekonomi yang berada pada satu wilayah selama periode tertentu.

Demikian artikel mengenai Konsep-Konsep Pendapatan Nasional. Semoga bermanfaat untuk pembaca ilmudaninfo dan Salam Literasi!

Comments